Mohon tunggu...
Alma Khairunnisa
Alma Khairunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai Sobels! alias Sobat El, aku adalah seorang mahasiswa yang suka menulis dengan tujuan menumpahkan segala isi pikiran baik yang nyata, khayalan ataupun tidak nyata, dalam halaman ini kalian akan menemukan berbagai konten menulis yang aku buat dimana mungkin sesekali aku dapat menayangkan artikel, puisi, cerpen dan masih banyak lagi karya tulisan-ku yang lainnya, ditunggu ya untuk karya selanjutnya! Stay tuned terus ya Sobels

Selanjutnya

Tutup

Diary

Kisah Pa Aneng: Hidup dengan Asal Usul Kesabaran

27 Desember 2023   12:06 Diperbarui: 10 Januari 2024   12:40 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

Di tengah hiruk-pikuk kehidupan perkotaan Bandung, ada sebuah kisah inspiratif tentang seorang pria yang dikenal sebagai Pa Aneng. Menariknya, Pa Aneng tidak mengetahui jelas keberadaan keluarganya. Namun berhasil bertahan hidup dengan menjadi pengurus kebun milik Pa Nana.

Pa Aneng, yang ditemui di kebun yang ia rawat dengan penuh dedikasi, memberikan kilas balik tentang perjalanannya. "Saya datang ke Bandung tanpa membawa banyak kenangan. Tidak ada keluarga yang bisa saya sebutkan, bukan karena tidak mau berbagi namun memang saya bingung keluarga saya pergi kemana semuanya, namun saya percaya kehidupan bisa diisi dengan makna melalui kerja keras dan kebaikan kepada sesama," ujar Pa Aneng diwawancarai di saung teduh kebun Pak Nana.

Kisahnya dimulai ketika Pa Aneng secara kebetulan bertemu dengan pemilik kebun di Cicarita Desa Ciwaruga, Kec. Parongpong yang merasa terkesan dengan semangat dan tekadnya. Tanpa ragu, Pa Aneng diberi kesempatan untuk mengurus kebun tersebut seperti menanam, memberikan pupuk, menyiram. Sejak saat itu, ia menjadikan kebun itu sebagai rumah dan tempat untuk mengembangkan kehidupannya.

Meskipun Pa Aneng hidup sendiri, kebun itu menjadi sumber kehidupannya. Dia menanam berbagai jenis sayuran seperti daun bawang. Setiap hari, wajahnya berseri-seri ketika berbicara tentang tanaman-tanaman yang ia rawat.

"Tidak memiliki keluarga biologis tidak berarti saya sendirian. Kebun ini seperti keluarga bagi saya. Saya belajar tentang kehidupan dan alam setiap hari dari tanaman-tanaman ini," kata Pa Aneng.

Warga sekitar kagum dengan dedikasi Pa Aneng terhadap kebunnya. Mereka sering datang untuk membeli hasil panen segar dan berbagi cerita dengan pria sederhana ini. Beberapa di antara mereka bahkan membantu Pa Aneng merawat kebun saat ia membutuhkan bantuan.

Kisah Pa Aneng menjadi inspirasi bagi banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam hidup. Ia membuktikan bahwa ketika kita memiliki tekad dan semangat yang kuat, kita bisa mengubah takdir dan menemukan kebahagiaan dalam hal-hal sederhana. Bandung bukan hanya kota dengan gedung-gedung tinggi dan hiruk-pikuknya, tetapi juga tempat di mana kisah-kisah inspiratif seperti Pa Aneng dapat tumbuh dan menginspirasi semua orang.

Pa Aneng kini tinggal di kamar kosan milik Pak Nana, karena ia orang baik yang pernah membantu Pak Nana dalam kesulitan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun