Globalisasi adalah suatu era dimana terjadi pertukaran perspektif, budaya, gaya hidup dan termasuk juga teknologi. Globalisasi sudah sangat lama telah menyebar hampir seluruh wilayah di dunia.Â
Hampir seluruh masyarakat terbuka akan hal tersebut, tetapi tentunya ada proses juga untuk menerimanya. Lagi -- lagi dampak yang paling signifikan dari Globalisasi adalah Teknologi, tetapi bahasan kali ini adalah dampak yang mengarah ke teknologi namun juga terkena ke dampak yang lainnya yaitu dampaknya juga terhadap budaya. Â
Kenyataannya bahwa saat ini segala sesuatu yang ada di dunia telah di didukung oleh unsur teknologi digital ataupun sesuatu yang sedang mengarah kepada hal tersebut. Indikator paling penting dunia digital adalah Media.Â
Media adalah bentuk, alat, sarana atau saluran yang di gunakan untuk menyampaikan informasi, gagasan atau pesan dari komunikator (pengirim pesan) kepada individu lainnya atau komunikan (penerima pesan).Â
Media sendiri ada yang offline dan juga online. Kegunaan media sekarang sudah hampir menjadi kebutuhan setiap orang -- orang, perusahaan -- perusahaan baik sorang wirausaha yang sedang merintis. Kegunaan media sangatlah luas seperti media memperoleh informasi, media untuk promosi, media untuk mem-persuasif orang -- orang, diskusi dan lainnya.Â
Namun, semenjak adanya peristiwa globalisasi, media juga ikut terpengaruh. Salah satu pengaruhnya terhadap media adalah Konvergensi Media. Apa itu Konvergensi Media? Mari kita mengulik kembali pengertian Konvergensi Media, yaitu penggabungan atau pembaharuan unsur media yang ada (seperti : konvensional) menjadi digital atau lebih dominan digital. Maka dari itu media konvensional harus beralih menjadi digital supaya bisa mempertahankan konsumen atau audience mereka.
Dilihat dari realita sekarang ini, bisa di bilang media hampir setiap waktu selalu berkembang, selalu ada yang dibenahi, selalu ada yang diperbaharui. Yang mana akan membuat kualitas dan versinya selalu terbaru. Jika orang-orang, perusahaan -- perusahaan menggunakan media yang selalu terbaru maka dapat mengangkat kualitas dari diri sendiri dan  perusahaannya juga. Beberapa perusahaan media yang memiliki alat -- alat ataupun unsurnya bisa diperdagangkan juga seperti sahamnya.Â
Media merupakan salah satu faktor adanya globalisasi budaya, seperti kecepatan dan kemudahan dalam mengakses arus informasi dan komunikasi. Media yang kualitas komponennya sangat bagus sampai saat ini masih di pegang oleh negara bagian barat.Â
Jika dilihat kenyataannya maka rasionalisasinya kepemilikan media saat ini lebih didominasi oleh budaya barat yang mana efeknya banyak dikonsumsi oleh publik serta memunculkan budaya yang bergaya barat.
Akibat dari keterbukaan informasi ini, trend fashion, makanan sampai gaya hidup juga terpengaruhi, bahwa di bidang industri seperti program televisi dan film yang kualitas kontennya cukup bagus dan juga sangat edukatif.Â
Namun negara bagian barat memanglah negara maju yang bisa dibilang juga maju dalam berbagai bidang temasuk media karena cukup berdampak pada negara berkembang. Industri media juga membuat sukses negara bagian barat seperti musik, film dan berita.Â