Mohon tunggu...
Allisya Amri
Allisya Amri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Mahasiswi Ilmu Komunikasi UMJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Public Affairs di PT Astra TBK dalam Membangun Hubungan yang Berkelanjutan

16 Januari 2024   13:31 Diperbarui: 16 Januari 2024   13:38 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Astra Tbk, sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, tidak hanya dikenal karena prestasinya di bidang otomotif dan bisnis lainnya, tetapi juga untuk keterlibatannya dalam ranah Public Affairs. Public Affairs adalah fungsi yang strategis dalam perusahaan, bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah, masyarakat, dan lembaga non-pemerintah.

1. Komitmen terhadap Pembangunan Berkelanjutan


Salah satu poin penting dalam Public Affairs Astra adalah komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan. Perusahaan ini tidak hanya fokus pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga memahami pentingnya berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat. Melalui berbagai inisiatif, Astra Tbk berusaha menciptakan dampak positif pada lingkungan sekitar dan memberikan manfaat nyata kepada masyarakat. PT Astra Tbk telah meluncurkan beberapa program berkelanjutan yang mencerminkan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan. Berikut beberapa contoh program konkret yang diimplementasikan oleh perusahaan ini yaitu :


*Green Mobility Initiative
*Astra Care Foundation
*Edukasi Lingkungan Sekolah
*Program Pengembangan Petani
*Astra Green Building Certification


2. Keterlibatan dengan Pemerintah dan Regulasi


Public Affairs juga melibatkan kerjasama yang erat dengan pemerintah dan instansi regulasi. Astra Tbk secara aktif berpartisipasi dalam proses perumusan kebijakan yang berkaitan dengan industri mereka. Dengan berdialog secara terbuka, perusahaan ini berusaha mencapai keseimbangan antara kepentingan bisnis dan kepentingan publik.

3. Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)


Astra Tbk tidak hanya terlibat dalam kegiatan bisnis, tetapi juga memperluas dampak positifnya melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Program ini mencakup berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan dalam strategi CSR, Astra Tbk berupaya menjadi agen perubahan yang memajukan kesejahteraan masyarakat.

4. Komunikasi Terbuka dan Transparan


Sebagai bagian dari strategi Public Affairs, Astra Tbk menjunjung tinggi komunikasi terbuka dan transparan. Melalui laporan keberlanjutan dan pertemuan rutin dengan pemangku kepentingan, perusahaan ini memastikan bahwa informasi mengenai kegiatan mereka, baik yang positif maupun tantangan yang dihadapi, dapat diakses dengan mudah oleh publik.

5. Menjaga Reputasi dan Hubungan Baik dengan Masyarakat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun