Kediri-Kompasiana, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Kediri Kelompok 96 yang Berlokasi di Desa Jajar Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, mengadakan kegiatan sosialisasi UMKM dengan tema "Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan UMKM di Desa Jajar", Minggu (06/08/2023).
Acaraa sosialisasi ini diselenggarakan di Balai Desa Jajar dinilai sangat menguntungkan, karena tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah meningkatkan pengetahuan strategi marketing secara digital untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar usahanya mampu bersaing sesuai dengan perkembangan zaman.
Dr. H. AB Musyafa' Fathoni, M.Pd.I selaku narasumber pada sosialisasi kali ini, beliau sangat antusias dalam memberikan materinya kepada para peserta sosialisasi umkm yang telah hadir. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa KKN Kelompok 96 yang telah mengadakan sosialisasi UMKM pada Minggu pagi.
Beliau memberikan materi mengenai strategi pemasaran digital yang digunakan untuk memasarkan UMKM masyarakat di desa Jajar. Terdapat empat tahapan marketing dalam dunia bisnis yaitu (1) pengembangan ide, (2) penelitian dan pengujian, (3) periklanan, dan (4) penjualan. Strategi tersebut bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM di desa Jajar guna meningkatkan proses produksinya.
Harapannya, dengan diadakannya sosialisasi UMKM di desa Jajar ini dapat memberikan manfaat, ilmu, dan wawasan yang baru kepada para masyarakat, serta memperat tali silaturahmi. Selain itu, para pelaku UMKM dapat meningkatkan inovasi dan idenya dalam membuat dan mempromosikan produk-produk yang akan dipasarkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H