Mohon tunggu...
Aliya UmuLathifah
Aliya UmuLathifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Bersyukur dan bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di KB SA Bustaanul Jinaan

22 Desember 2021   22:43 Diperbarui: 22 Desember 2021   22:50 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Evaluasi Pendidikan anak usia dini sendiri yaitu suatu proses mengumpulkan sebuah informasi maupun data untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap perkembangan yang akan dicapai dalam proses belajar mengajar. Evaluasi pembelajaran ini tidak dilakukan hanya di awal ataupun hanya di akhir tetapi di lakukan secara bertahap dan berkesinambungan.karena agar memperoleh penilaian yang tepat dan sesuai dengan perkembangan pada anak.

Disini saya melakukan wawancara dengan salah satu guru yang ada di KB SA bustanul jinaaan, tujuan yang dilakukan yakni guna mengetahui jenis jenis evaluasi perkembangan anak usia dini yang di terapkan di KB SA bustannul jinaan

Dari hasil wawancara diketahui bahwa di sekolah tersebut mengunakan evaluasi non tes namun tidak semuanya digunakan dalam waktu bersamaan tergantung tujuan kemudian juga tergantung dengan aspek perkembangan apa saja yang akan di capai, dalam aspek perkembangan itu ada 6 aspek yaitu aspek moral,kognitif,Bahasa,sosial emosional,motoric dan seni. Biasanya yang sering digunakan adalah mengunakan Teknik Ujuk kerja, hasil karya, tanya jawab

Unjuk kerja sendiri adalah kegiatan menilai peserta didik dengan cara mengamati setiap proses yang dilakukan oleh peserta didik saat belajar dan bermain contohnya menanam bunga menjepit kertas sesuai dengan warna, kemudian mencocokan huruf dan mengunting gambar buah semangka.

Image caption KB SA BUSTAANUL JINAAN (Dokpri)
Image caption KB SA BUSTAANUL JINAAN (Dokpri)

Hasil karya adalah suatu hasil kerja anak setelah selesai mengerjakan kegiatan contohnya adalah hasil karyanya menebali huruf B, kemudian juga hasil mewarnai dan menempel

Anak KB SA BUSTAANUL JINAAN (Dokpri)
Anak KB SA BUSTAANUL JINAAN (Dokpri)

Tanya jawab antara guru memberikan pertanyaan muritnya menjawab atau sebaliknya tetapi sebelum adanya tanya jawab diberikan suatu informasi atau pemahaman terlebih dahulu agar anak faham pertanyaan yang di tujukan kepada anak itu larinya kemana dan maksutnya bagaimana


Dalam kegiatan rapotan atau memberikan penilaian akhir semester kepada orangtua biasanya mengunakan penilaian berbentuk ceklis dan catatan anekdot.kenapa mengunakan Teknik evaluasi itu karena sangat efektif dan mudah diterapkannya dalam menilai tumbuh kembang anak

Standar penilaian yang diguanakan mengunakan standar pada umumnya yakni mengunakan penilaian BB,MB,BSH,BSB,

Keterangan:

BB: Belum Berkembang

MB: Mulai Berkembang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun