Mohon tunggu...
Aliyatur rofiqoh
Aliyatur rofiqoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

manfaat media komunikasi dalam pembelajaran dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Manfaat Media Komunikasi dalam Pembelajaran dan Pendidikan

31 Desember 2023   15:41 Diperbarui: 31 Desember 2023   16:16 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran yang berhasil dan menarik membutuhkan suatu model berkomunikasi yang baik dan sesuai. Tanpa adanya kesesuaian antara model komunikasi dengan pembelajaran, maka proses pembelajaran itupun akan terhambat. Oleh karena itu, perkembangan komunikasi dalam meningkatkan pembelajaran haruslah diperhatikan dengan semakin majunya jaman. Komunikasi yang baik sebaiknya mesti didukung oleh media seperti telivisi, film, radio, foto, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan. Sedangkan media komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran diantaranya, media berbasis manusia, media berbasis cetakan, media berbasis visual, media berbasis Audio-Visual, media berbasis computer, dan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar. Komunikasi memiliki peranan penting dalam pengajaran. Agar komunikasi antara guru dan siswa berlangsung baik dan informasi yang disampaikan guru dapat diterima siswa, guru perlu menggunakan media pembelajaran. Sedangkan manfaat media komunikasi dalam pendidikan dan pembelajaran diantaranya; membantu proses belajar untuk mencapai tujuan Belajar, memotivasi siswa, menyajikan informasi dengan muda, merangsang diskusi, mengarahkan kegiatan siswa, melaksanakan Latihan Dan Ulangan, menguatkan belajar, memberikan pengalaman simulasi.

Pendidikan merupakan tulang punggung pembangunan manusia dan masyarakat. Dalam era digital dan global seperti sekarang, media komunikasi menjadi alat yang sangat penting untuk mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran. Salah satu manfaat utama media komunikasi dalam pembelajaran adalah peningkatan akses terhadap informasi. Era ini dikenal sebagai era informasi, di mana internet menjadi pintu gerbang menuju pengetahuan global. Guru dan siswa dapat dengan cepat mengakses sumber daya pembelajaran, penelitian, dan referensi dari berbagai penjuru dunia. Situs web pendidikan, repositori daring, dan platform pembelajaran daring menyediakan akses yang tidak terbatas terhadap berbagai materi pembelajaran. Menurut jamaludin komunikasi adalah hubungan antar seseorang dengan orang lain, dengan adanya komunikasi maka terjadilah hubungan sosial, karena manusia itu adalah sebagai makluk sosial, di antara satu dengan yang lainnya saling membutuhkan, sehingga terjadinya interaksi yang timbalk balik, yaitu hubungan yang memiliki arti dan makna untuk mendukung jalinan sosial dalam kehidupan.

Media komunikasi merupakan berbagai sarana atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi, gagasan, atau pesan antara satu pihak dengan pihak lain. Media komunikasi memainkan peran penting dalam menjembatani jarak dan memfasilitasi pertukaran informasi di antara individu, kelompok, atau masyarakat secara luas. Kemudian, Media komunikasi memainkan peran sentral dalam membentuk cara kita berinteraksi, berbagi informasi, dan membangun hubungan, dan telah mengalami perkembangan pesat seiring berjalannya waktu.

Melalui penggunaan media komunikasi, siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang penting di era digital. Mereka belajar menggunakan perangkat lunak, berkomunikasi melalui platform online, dan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran mereka. Selain itu, Media komunikasi memberikan dukungan bagi siswa untuk melakukan pembelajaran mandiri. Mereka dapat menjelajahi topik secara mendalam, mencari sumber daya tambahan, dan memperluas pemahaman mereka tanpa tergantung sepenuhnya pada pembelajaran klasikal.

Media komunikasi memfasilitasi interaksi dan kolaborasi antarindividu, yang merupakan elemen penting dalam pembelajaran modern. Melalui platform pembelajaran daring, forum diskusi, dan aplikasi kolaborasi, siswa dapat terlibat dalam diskusi dan proyek bersama tanpa batas geografis. Ini menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, di mana ide dan pandangan dari berbagai latar belakang dapat saling berbagi. Video konferensi juga memungkinkan siswa dan guru untuk berinteraksi secara langsung, bahkan jika mereka berada di tempat yang berjauhan. Ini membuka pintu untuk pembelajaran jarak jauh, yang semakin relevan dalam situasi seperti pandemi, di mana kehadiran fisik di sekolah mungkin terbatas.

Media komunikasi berperan penting dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa. Diskusi online, blog, dan platform kolaboratif memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam menyampaikan ide dan pandangan mereka. Kemampuan untuk menyampaikan pemikiran dengan jelas dan efektif adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan pribadi dan profesional. Selain itu, media komunikasi membuka peluang bagi siswa untuk berkomunikasi dalam berbagai bentuk, termasuk teks, audio, dan video. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan gaya komunikasi mereka sesuai dengan konteks tertentu.

Salah satu keunggulan utama media komunikasi dalam pembelajaran adalah memberikan fleksibilitas. Platform pembelajaran online memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan waktu dan tempat yang paling nyaman bagi mereka. Ini sangat bermanfaat bagi siswa yang memiliki jadwal yang padat, siswa dewasa yang kembali ke sekolah, atau mereka yang tinggal di daerah terpencil. Fleksibilitas ini juga menciptakan kesempatan bagi pembelajaran berbasis mandiri. Siswa dapat mengambil kontrol atas pembelajaran mereka sendiri, mengatur waktu belajar mereka, dan menyesuaikan tempo pembelajaran sesuai kebutuhan individu. Hal ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan otonomi siswa terhadap proses pembelajaran mereka.

Penggunaan media komunikasi dalam pembelajaran tidak hanya meningkatkan akses dan efektivitas, tetapi juga dapat meningkatkan motivasi siswa. Permainan edukatif, simulasi interaktif, dan aplikasi pembelajaran yang menarik dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menantang. Dengan menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, siswa lebih mungkin untuk terlibat aktif dan mempertahankan minat mereka terhadap materi pembelajaran. Penggunaan teknologi yang inovatif juga dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih personal. Siswa dapat memilih cara pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar mereka, sehingga meningkatkan pemahaman dan retensi informasi. Dengan demikian, media komunikasi tidak hanya menjadi alat pendidikan, tetapi juga menjadi motivator untuk mencapai prestasi akademis yang lebih baik.

Media komunikasi memberikan kemudahan dalam monitoring dan evaluasi kemajuan siswa. Sistem manajemen pembelajaran elektronik memungkinkan guru untuk melacak aktivitas dan kinerja siswa secara real-time. Ini menciptakan kesempatan untuk memberikan umpan balik secara langsung dan memberikan dukungan lebih lanjut kepada siswa yang membutuhkannya. Selain itu, uji online, kuis interaktif, dan penilaian otomatis dapat menghemat waktu dan usaha guru dalam proses evaluasi. Guru dapat menggunakan data ini untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian lebih, dan menyusun rencana pengembangan pribadi untuk setiap siswa.

Pemanfaatan media komunikasi dalam pembelajaran tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Namun, penting untuk terus memonitor dan mengevaluasi penggunaan media komunikasi agar sesuai dengan tujuan pembelajaran dan tetap mendukung pertumbuhan siswa.

Dengan semua manfaatnya, media komunikasi membuka pintu menuju lingkungan pembelajaran yang dinamis dan inklusif. Pendidikan tidak lagi terbatas pada batas-batas fisik kelas atau wilayah geografis tertentu. Sebagai pendukung pembelajaran, media komunikasi membantu mendekatkan siswa dengan pengetahuan, meningkatkan keterlibatan, dan mengoptimalkan proses pembelajaran. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan media komunikasi dalam pembelajaran haruslah bijak. Penting untuk memastikan bahwa teknologi digunakan sebagai alat bantu, bukan pengganti interaksi manusiawi. Sumber daya dan peluang yang diberikan oleh media komunikasi harus digunakan secara efisien untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan. Dengan integrasi yang tepat, media komunikasi akan terus menjadi mitra yang tak tergantikan dalam membentuk masa depan pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun