Pandemi  Covid-19  yang  terjadi  secara  global  tentu  saja  berdampak  terhadap  berbagai  sektor  terutama  di  sektor  ekonomi.Dampak  perekonomian  ini  tidak  hanya  di  rasakan  secara domestik,   namun   juga   terjadi   secara   global.  International  Monetary  Fund  (IMF)  yang memproyeksikan  ekonomi  global  akan  tumbuh  minus  di  angka  3%.  Di  Indonesia,  Hal  ini tentunya   juga   memiliki   dampak   yang   cukup   signifikan   terhadap   pariwisata,   sektor perdagangan,  industri  termasuk  Pelaku  Usaha  Mikro,  Kecil  dan  Menengah  (UMKM).  Dampak  dari  covid-19  secara  langsung  sudah  terlihat dari  PHK  besar-besaran  dibeberapa  perusahaan,  terjadi  penutupan  beberapa  usaha  yang berdampak  kepada dirumahkannya  karyawan.
Data  dari  kementrian  koperasi  dan  Usaha  kecil  Menengah  (UKM)  menunjukkan  pada tahun  2018  terdapat  64.194.057  UMKM  yang  ada  di  Indonesia  dan  mempekerjakan 116.978.631  tenaga  kerja.  Indonesia  didominasi  oleh  UMKM  yang  menjadi  tulang punggung perekonomian   nasional   juga   terdampak   serius  bukan  hanya  pada  aspek  produksi  dan pendapatan   mereka   saja,   namun   juga   pda   jumlah   tenaga   kerja  yang  harus  dikurangi dikarenakan   pandemi   ini. UMKM   kurang   memiliki   ketahanan   dan fleksibilitas   dalam   menghadapi   Pandemi   ini   dikarenakan   beberapa  hal   seperti   tingkat digitalisasi   yang   masih   rendah,   kesulitan   dalam   mengakses   teknologi   dan   kurangnya pemahaman   tentang  strategi  bertahan  dalam  bisnis.
Terkait  Pandemi  covid-19,  dikeluarkanlah PP  Nomor  21  tahun  2020  tentang  Pembatasan Sosial   Berskala   Besar   dengan   maksud   membatasi   pergerakan   orang   dan   barangdan mengharuskan  masyarakat  jika  tidak  ada  keperluan  mendesak  diharapkan   untuk  berdiam  diri dirumah.  Hal  ini  juga  berdampak  terhadap  terbatasnya  operasional  UMKM  dan  berkurangnya konsumen  yang  berbelanja  secara  langsung  dibandingkan  hari  biasa.Dengan  ini,  Pelaku  Usaha dapat  menyesuaikan  diri  dengan  membuka  toko online/  berjualan  melalui e-commerce.
Selain  melakukan  perdagangan e-commerce Pelaku  UMKM  juga  dituntut  untuk dapat mengkomunikasikan produk secara intensif dengan melakukan pemasaran produk menggunakan digital  marketingdan  memanfaatkan  media  sosial  untuk  dapat  menjangkau konsumennya   secara   langsung   dan   dapatmenekan   biaya   promosi.Digital   marketing merupakan  pemasaran  yang  dilakukan  dengan  menggunakan  akses  internet,  memanfaatkan social  media  maupun  perangkat  digital  lainnya.Digital  Marketing membantu  perusahaan  atau pelaku  usaha  dalam  mepromosikan  dan  memasarkan  produk  dan  jasa  mereka  dan  mampu memperluas  pasar  baru  yang  sebelumnya  tertutup  atau  terbatas  karena  adanya  keterbatasan waktu,  jarak  dan  cara  berkomunikasi.
Di  Era  revolusi  industri  4.0  para  pelaku  usaha  seharusnya  memang  sudah  bergerak  ke
perdagangan  secara e-commercekarena  pola  pedagangan  dan  pembelanjaan  dr  konsumen yang  sudah  mulai  bergeser,  ditambah  lagi  adanya  pandemik  covid-19  yang  menjadikan perdagangan e-commerce sudah  menjadi  pilihan  yang  baik  untuk  para  pelaku  UMKM  untuk bisa  tetap bertahan  bahkan  berpotensi  untuk  dapat menjangkau  pangsa  pasar baru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H