Mohon tunggu...
Aliyah kartika
Aliyah kartika Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

rajin

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perubahan Sosial yang Saya Alami

21 Juli 2024   20:57 Diperbarui: 22 Juli 2024   08:16 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tentu nya, dalam seluruh kehidupan banyak sekali perubahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan setiap orang karena pada dasarnya manusia berevolusi dengan cepat.

Pada tugas kali ini, saya akan menceritakan perubahan sosial yang terjadi di kehidupan saya. 

1. Perubahan permainan

Dahulu waktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar, saya sering kali main keluar rumah seperti main petak umpet, lompat karet, gobak sodor, polisi maling, congklak, gundu, ular naga panjang dan permainan yang pasti nya dimainkan anak-anak seusia saya kala itu. Seru sekali rasanya karena banyak manfaat yang bisa diambil dari permainan-permainan tersebut walau kadang pulang pulang jadi bolang. Tetapi, rasa seru yang dahulu saya dapatkan kini tidak ada lagi, karena revolusi manusia dan teknologi yang semakin canggih. Sekarang, permainan-permainan yang dahulu saya mainkan sudah jarang sekali dimainkan anak-anak di zaman yang sudah modern ini, mereka lebih memilih bermain permainan yang ada di dalam gadget mereka masing-masing dibanding bermain diluar. Seperti Mobile legends, COC, Pubg, Free fire, Roblox, Dsb. Meski mungkin ada beberapa anak yang masih bermain permainan tradisional tapi hanya di beberapa daerah saja. Itulah salah satu perubahan sosial yang saya alami di kehidupan saya.

2. Cara berpakaian

Pasti nya sudah familiar sekali mendengar kata "berpakaian". Disini saya ingin menceritakan perubahan cara berpakaian di tahun 2000 an dengan sekarang. Mungkin di tahun 2000 an saya masih sangat kecil namun pastinya ingat beberapa perubahan yang terjadi. Tentu pembaca sudah tau apa yang saya ingin ceritakan. Ya, benar. Dahulu, orang-orang masih berpakaian layak nya orang pribumi biasa. Semakin maju nya pengetahuan dan teknologi, ada perubahan cara berpakaian orang-orang karena terpengaruh oleh dunia luar. Sekarang, remaja dan orang dewasa semakin terpengaruh cara berpakaian budaya luar dengan menggunakan croptop, celana pendek dan rok mini. Jangan kan remaja dan dewasa, anak kecil saja ada beberapa yang menggunakan pakaian tidak selayaknya anak kecil, menggunakan baju yang modelnya mengikuti budaya luar, ada juga yang pakai croptop padahal masih sangat kecil. Warga Indonesia, harus lebih mencintai produk dalam negeri. Kita sebagai penerus bangsa, harus mencontohkan yang baik kepada penerus selanjutnya. Menambah pengetahuan memang harus, tetapi harus di saring sebaik-baiknya. 

3. Kemajuan transportasi

Lagi lagi, pasti pembaca sudah bisa menebak apa yang akan saya ceritakan pada point kali ini. Sekarang, banyak sekali kemajuan yang terjadi termasuk transportasi. Waktu dulu, orang-orang sering sekali memakai sepeda untuk berpergian kemana pun mereka mau. Bisa dibayangkan, betapa sejuknya udara jika kita menggunakan sepeda. Rindu sekali menghidup sejuknya udara pagi dan melihat bintang di malam hari. Semakin berkembangnya zaman, sepeda pun tergantikan oleh motor. Orang-orang berbondong-bondong membeli motor karena memang banyak sekali kegunaan dan kelebihan nya dari sepeda. Bisa menghemat waktu contohnya. Lalu ada pun mobil, beberapa orang mungkin mempunyai mobil karena banyak juga kelebihan yang dimilikinya walau dengan harga yang cukup mahal. Motor dan mobil berbahan bakar bensin. Tetapi selain motor dan mobil, di era sekarang ini muncul yang namanya transportasi sepeda listrik, motor listrik dan juga mobil listrik. Dari nama nya sudah listrik yang berarti bahan bakar nya dari listrik. Tidak perlu bensin tetapi di cas dengan aliran listrik yang mengalir. Beberapa orang mungkin berminat membeli karena dipikir lebih efisien dibanding mobil biasa yang berbahan bakar bensin. 

Itulah perubahan-perubahan sosial yang terjadi di dalam kehidupan saya, kesimpulan nya adalah manusia sangat cepat berevolusi, cara kita adalah selalu menyaring apapun yang masuk dan tetap melestarikan kebudayaan Indonesia sebagai penerus bangsa ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun