Mohon tunggu...
Aliya Fitriyani
Aliya Fitriyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai perkenalkan aku Aliya Fitriyani, orang suka panggil aku Aliya, hobiku olahraga membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Kontekstual

11 Juli 2024   07:07 Diperbarui: 11 Juli 2024   12:21 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembelajaran kontekstual merupakan pendekatan yang memfokuskan pada hubungan antara materi pelajaran dengan situasi kehidupan nyata, yang memungkinkan siswa memahami dan mengaplikasikan apa yang mereka pelajari dalam konteks sehari-hari. Pendekatan ini menekankan pentingnya relevansi materi pelajaran dengan pengalaman dan lingkungan hidup siswa, yang bertujuan untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan efektif.

 Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan, salah satu tantangan utama adalah membuat materi pelajaran relevan dan menarik bagi siswa. Banyak siswa merasa materi yang diajarkan di sekolah tidak ada kaitannya dengan kehidupan mereka sehari-hari, sehingga motivasi belajar mereka berkurang. Pendekatan pembelajaran kontekstual hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menghubungkan materi pelajaran dengan konteks kehidupan nyata.

 Prinsip-Prinsip Pembelajaran Kontekstual

Pembelajaran kontekstual didasarkan pada beberapa prinsip utama:

1. Keterkaitan: Materi pelajaran harus terkait dengan pengalaman dan kehidupan sehari-hari siswa. Misalnya, dalam pembelajaran matematika, konsep perhitungan dapat diajarkan melalui kegiatan berbelanja atau mengelola uang saku.

2. Konstruksi Pengetahuan: Siswa diajak untuk membangun pemahaman mereka sendiri melalui pengalaman langsung dan refleksi. Ini memungkinkan siswa menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki.

3. Pembelajaran Aktif: Siswa didorong untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran melalui diskusi, eksperimen, dan proyek-proyek praktis. Ini membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.

4. Kolaborasi: Pembelajaran kontekstual sering melibatkan kerja kelompok dan kolaborasi antar siswa, yang mengembangkan keterampilan sosial dan kerja sama.

5. Penilaian Otentik: Evaluasi dalam pembelajaran kontekstual lebih menekankan pada penilaian kinerja dan proyek yang menunjukkan kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan mereka dalam situasi nyata.

Manfaat Pembelajaran Kontekstual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun