Kami adalah orang- orang yang melihat iklan anda, lalu menilai dan memutuskan apakah akan membeli produk/ jasa anda (atau akan mengacuhkannya). "Customers". Anda boleh menyebutnya "Marketing Guerilla", "Multi-Level Marketing", "Social Media Marketing" atau apa sajalah tetapi bagi kami (para customer) itu hanyalah "Annoying Marketing". Ya, A-N-N-O-Y-I-N-G. Annoying karena kami sering menemukan e-mail spam dari anda di inbox e-mail kami, Annoying karena kami sering mendapat telepon dari anda (yang seakan- akan sudah akrab dengan kami padahal kami tidak kenal siapa anda), Annoying karena anda sangat agresif mendesak kami mendengar celoteh anda tentang betapa hebatnya produk/ jasa anda (yang anda klaim tanpa cacat dan tiada duanya dengan harga promo yang murah dan kesempatan terbatas), Annoying karena kami sering menemukannya juga disela- sela koran pagi atau majalah kami, Bahkan annoying karena kami pun menemukannya di Kompasiana dalam bentuk comment dengan embel- embel "tolong vote essai saya, ya", "silakan baca essai saya yang berjudul....", dan lain- lain. Sudahlah, kalau essai anda memang bagus, kami pasti membaca dan meng apresiasinya. Kalau tidak bagus, ya maaf saja (paling- paling kami akan mengacuhkannya dan berganti halaman). Jadi kembali kami tegaskan, Jangan buang- buang waktu dan tenaga anda (lagipula itu membuat anda terlihat "murahan"). Sincerely Yours Customers.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H