Mohon tunggu...
Raden Ali Reza Ghifari
Raden Ali Reza Ghifari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Strategi Manajemen Media Massa

10 Desember 2021   15:33 Diperbarui: 10 Desember 2021   15:53 2380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam setiap pekerjaan pasti memiliki caranya masing-masing untuk mencapai target tertentu, hal ini juga tentu berlaku dalam suatu perusahaan media massa. 

Media massa itu sendiri merupakan alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio, TV, dan lain sebagainya.

Dalam suatu perusahaan media massa juga diperlukan pengelolaan atau manajemen yang baik agar kinerja dari perusahaan tersebut berjalan lancar dan sesuai target. 

Setiap perusahaan media massa memiliki cara tersendiri dalam memanajemen media mereka. Namun ada beberapa hal yang dilakukan oleh hampir seluruh perusahaan media massa. Apa saja hal-hal tersebut, berikut diantaranya:

Memiliki karakteristik

Untuk bisa bertahan dan bersaing dengan portal media lain yang serupa, sebuah perusahaan media massa harus memiliki karakteristik yang menjadi ciri khas dan daya tarik media tersebut di mata para konsumen. 

Seperti media yang mengkhususkan untuk menyajikan konten seputar olahraga, berita, hiburan, musik, dan lain sebagainya, atau bisa juga media yang khusus untuk menyajikan berita seputar hal-hal yang terjadi di suatu kota tertentu saja. Dengan begitu, nama perusahaan media tersebut akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Memiliki prosedur--prosedur dalam menyajikan suatu konten

Banyak aspek yang harus diperhatikan dengan baik dalam menyajikan suatu konten yang berkualitas dan menarik secara konsisten agar dapat bersaing dengan media lainnya yang serupa. 

Suatu perusahaan harus mengetahui prioritas media mereka mengarah kemana, mengetahui target konsumennya, memperhatikan hal yang sedang ramai diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir, serta yang paling penting harus memperhatikan kode etik yang ada.

Mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun