Faktor-Faktor Keberhasilan Dakwah
"Strategi Kunci dalam Keberhasilan Dakwah: Pengembangan Bahasa Retorika sebagai Faktor Vital"
Oleh: Syamsul Yakin dan Alira Arwaa
Dosen dan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Dalam berdakwah ada faktor-faktor keberhasilan dalam dakwah memiputi banyak segi. Misalnya pemanfaatan teknologi, keakuratan memilih pendekatan,dan juga strategi & metode dakwah.
Namun, dalam konteks praktis (nyata) pengembangan bahasa retorika dakwah juga memiliki kepentingan yang tidak kalah signifikan.
Untuk itu, dalam mengembangkan retorika dakwah verbal, baik lisan dan tulisan,.minimal harus memperhatikan tiga hal, yakni menggunakan bahasa baku, berbasis data, dan berbasis riset.
Pertama, penting untuk menggunakan bahasa baku atau standar, yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Bahasa baku biasanya digunakan dalam forum resmi.
Hanya saja perlu dicatat di sini bahwa bahasa asing dapat dijadikan variasi dalam setiap komunikasi baik lisan maupun tulisan. Hal ini bertujuan untuk memberi keyakinan kepada audiens. Selain itu,Penggubaan Bahasa gaul atau bahasa daerah terkadang penting untuk menjin kedekatan dengan audiens, seperti dengan adanya joke atau candaan sebagai pembukaan obrolan.
Kedua, penting untuk menyampaikan informasi yang didasarkan pada data yang faktual. Data adalah informasi mentah yang belum diolah, Sementara fakta adalah apa saja yang tertangkap oleh indra manusia, ada, dan nyata. Data dapat berupa simbol, angka, atau kata-kata.
Yang dimaksud dengan konsep berbasis data adalah mengacu pada penyampaian materi atau tema yang didasarkan pada fakta yang dapat diverifikasi bersama-sama. Setiap fakta dapat diperiksa kebenarannya secara bersama-sama