Di era digital ini, dengan adanya internet membuat proses melakukan komunikasi dapat menjadi lebih mudah. Teman-teman dapat melakukan proses komunikasi dan mencari informasi dengan aplikasi-aplikasi yang ada dengan berbasis teknologi. Secara umum konvergensi media telah banyak memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan informasi dan kemudahan bagi penyedia informasi untuk mempublikasikan informasi bagi khalayak.
Namun tanpa kita sadari, fakta ini juga membawa perubahan bagi pola dan tatanan kehidupan masyarakat. Sisi praktis yang ditawarkan melalui konvergensi media ini tentu saja menjadi prioritas yang dicari oleh banyak orang. Sehingga hal ini mempengaruhi pola perilaku dalam keseharian masyarakat secara luas demi pemenuhan kebutuhan terhadap informasi. Misalkan saja dahulu teman-teman, mungkin sekarang pun masih tapi sudah tidak terlalu banyak, masyarakat umum mendapatkan koran atau surat kabar melalui loker Koran atau berlangganan hingga membeli langsung ke kios-kios yang biasanya juga menyediakan Koran setiap harinya.
Lewat proses ini terjadi interaksi antara pembeli dan penjual Koran tersebut yang apabila hal ini terjadi secara rutin dan terus menerus akan menciptakan hubungan kedekatan antara si pembeli dan penjual. Lain halnya apabila semua informasi telah tersedia secara digital, orang tak perlu lagi pergi ke toko atau mencari penjual Koran di jalan, dengan beberapa sentuhan dalam sebuah genggaman seseorang telah mendapat banyak berita dan informasi yang aktual bahkan yang baru beberapa menit terjadi. Dengan adanya hal ini maka akan mengurangi interaksi antar personal dalam masyarakat seperti halnya pembeli dan penjual ini, yang otomatis membuat perilaku seseorang menjadi individualis.
Dampak dari segi sosial telah jelas menunjukkan bahwa dengan adanya konvergensi media ini telah merubah pola interaksi masyarakat. Dikarenakan kemudahan dan jangkauan yang luas dari media saat ini membuat banyak orang memanfaatkannya untuk sarana promosi, menyebarkan undangan, serta penyuluhan dan sosialisasi. Juga fitur yang interaktif membuat para pengguna media lebih nyaman menyampaikan cerita, ekspresi ataupun informasi melalui media digital.
Fakta tersebut memberikan bukti bahwa datangnya konvergensi media ini telah merubah pola hubungan masyarakat secara sosial. Belum lagi ketika kita menyinggung masalah budaya, sepertinya masyarakat di era modern ini telah menemukan budaya baru, yang pasti tak lepas dari alasan praktis dan efisien. Dua hal ini yang menyebabkan khalayak lebih memilih akses digital dan menjadi kecanduan akan teknologi sehingga saat ini sebuah gadget seakan tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat dan seolah menjadi kebutuhan primer yang baru. Secara perlahan fenomena tersebut telah membawa masyarakat ke dalam sebuah budaya yang cenderung ketergantungan terhadap teknologi.
Sebelum adanya era digital atau yang dikenal dengan konvergensi media, untuk mendapatkan sebuah informasi atau berita, teman-teman harus mengakses melalui koran, televisi maupun radio, demi mendapatkan berita-berita dan informasi yang dibutuhkan. Teman-teman harus membeli koran, menonton televisi dan juga mendengarkan radio untuk mendapatkan informasi yang terkini. Mungkin bagi sebagian orang, mendapatkan informasi dari koran menganggap informasi yang terkini dan juga hangat. Namun, bagi sebagian yang lain, informasi yang di dapat dari koran dianggapnya sebagai informasi yang sudah tidak hangat lagi.
Lalu bagaimana dengan media digital sekarang ini, dengan media digital kita bisa mencari informasi apa saja yang kita inginkan n dengan mengetikkan pada search engine yang ada fitur platform yang kita gunakan. Entah itu ingin membeli barang atau mencari hiburan yang kita inginkan di saat kita sedang lelas atau pun malas. Perkembangan Internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka  kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
Misalkan kita mencari berita yang sedang hangat pada saat ini, kita tinggal ketik pada search engine, tidak perlu menunggu berhari-hari melalu koran atau radio, cukup mengetikan saja di search engine lalu muncul semua berita yang kita cari.
Selanjutnya bagaimana pengguna internet saat ini? Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi.
Sebagian besar media komunikasi tradisional, termasuk telepon, radio, televisi, surat kertas dan surat kabar dibentuk ulang, didefinisikan ulang, atau bahkan dilewati oleh Internet, sehingga melahirkan layanan baru seperti email, telepon Internet, televisi Internet, musik online, surat kabar digital, dan situs web streaming video.
Misal kita malas belanja atau mau membeli barang, kita bisa mencarinya dengan handpone kita yang sudah terhubung dengan interne lalu download applikasi melalui handpone kita sepeti Shopee, tokopedia, lazada dll. Melalui applikasi ini temen-teman bisa membeli barang yang kita inginkan, tanpa perlu repot-repot membeli barang yang kita inginkan di toko. Milkan kita ingin mencari hiburan, kita tinggal mencari nya saja melalu applikasi yang ada di gadget kita, streaming vido atau pun bermain game online.