Mohon tunggu...
Alip zawahri
Alip zawahri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Makan-tidur

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Komunikasi di Masa Pandemi Covid-19

24 Maret 2021   21:27 Diperbarui: 24 Maret 2021   21:47 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

JCC merupakan hasil kolaborasi dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan dengan didukung oleh Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah -- 'Aisyiyah (APIK PTMA), Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Korwil Jawa Tengah -- Daerah Istimewa Yogyakarta, dan berbagai perguruan tinggi yang menjadi co-host baik dari dalam maupun luar negeri.

JCC tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, event tahun ini diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan kanal Youtube Universitas Ahmad Dahlan. Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan menghadirkan pembicara utama JCC adalah Prof. Xi Zhuang (Nanjing Normal University, China), Dr. GM Naido (University of Zululand, Afrika Selatan), Dr. Andy Fuller (Utrech University, Belanda), Chi Wang, Ph.D (Matej Bei University in Banska Bystrica, Slovakia), Prof. Hermin Indah Wahyuni (Universitas Gadjah Mada, Indonesia), dan Taufiqur Rahman, Ph.D (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Di mana pandemi membawa perubahan pada pola kehidupan masyarakat dengan dibatasinya pertemuan yang membuat minimnya berkomunikasi secara langsung atau tatap muka. Teknologi mendukung agar tetap bisa melakukan komunikasi yang efisien dengan adanya media online. Dampak baik adanya media online dalam teknologi memudahkan untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi dari berbagai perspektif, karena sifatnya yang terbuka dan dapat diakses oleh siapapun. 

Berubahnya kebiasaan dalam beraktivitas dari cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, kerja dari rumah dan belajar dari rumah, bahkan berbelanja secara online, membawa orientasi baru yang merubah paradigma kita. Interaksi secara online menjadi pilihan, acara virtual menjadi tantangan, menceritakan pesan yang ingin disampaikan, perlu disampaikan secara lebih kreatif lagi. Keterlibatan khalayak di media sosial dapat mendorong percakapan atas pesan yang dikemas.

Langkah-langkah adaptasi harus dilakukan yaitu dengan tetap berkomunikasi dengan publik internal dan eksternal, mengoptimalkan media sosial, buat kegiatan dan konten yang kreatif, kelola hoaks dan jaga reputasi lembaga/perusahaan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun