Mohon tunggu...
Alini putri
Alini putri Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Hobi silat, kepribadian, saya orgnya pemalu bangat aslinya, makanan favorit, ayam geprek

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Teori empati dari martin hoffman

18 Januari 2025   10:08 Diperbarui: 18 Januari 2025   09:07 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Teori Empati Martin Hoffman: Pemahaman dan Perkembangannya

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan apa yang dirasakan orang lain. Salah satu tokoh yang memberikan kontribusi besar terhadap pemahaman empati adalah Martin Hoffman, seorang psikolog perkembangan yang mengembangkan teori empati berdasarkan perspektif perkembangan manusia. Dalam teorinya, Hoffman menjelaskan bagaimana empati berkembang dari usia dini hingga dewasa melalui berbagai tahap.

Definisi Empati Menurut Martin Hoffman

Hoffman mendefinisikan empati sebagai respons afektif yang berasal dari pemahaman emosional terhadap kondisi orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Empati tidak hanya mencakup kemampuan merasakan emosi orang lain tetapi juga dorongan untuk bertindak secara prososial (menolong).

Tahapan Perkembangan Empati Hoffman

Hoffman mengemukakan bahwa empati berkembang melalui empat tahap utama yang terjadi selama masa pertumbuhan:

1. Empati Global (0-1 Tahun)
Pada tahap ini, bayi merespons secara emosional terhadap distress orang lain tanpa membedakan antara dirinya dan orang lain. Misalnya, ketika seorang bayi mendengar tangisan bayi lain, ia juga mungkin ikut menangis. Respons ini bersifat refleksif dan belum melibatkan pemahaman diri atau orang lain.

2. Empati Egosenris (1-2 Tahun)
Anak mulai memahami bahwa orang lain adalah individu yang terpisah dari dirinya. Meskipun demikian, anak masih melihat dunia dari perspektifnya sendiri. Contohnya, seorang anak mungkin memberikan bonekanya kepada temannya yang menangis karena ia berpikir bahwa boneka itu bisa menghibur orang lain sebagaimana boneka itu menghiburnya.

3. Empati untuk Perasaan Orang Lain (2-10 Tahun)
Anak mulai memahami bahwa emosi orang lain mungkin berbeda dari emosi mereka sendiri. Pada tahap ini, anak-anak dapat lebih memahami situasi yang menyebabkan emosi tertentu pada orang lain. Misalnya, anak mungkin merasa sedih ketika melihat temannya kehilangan sesuatu yang berharga.

4. Empati untuk Kondisi Hidup Orang Lain (10 Tahun ke Atas)
Pada tahap ini, empati berkembang menjadi lebih kompleks dan matang. Seseorang mampu memahami bahwa emosi orang lain tidak hanya disebabkan oleh situasi langsung tetapi juga oleh kondisi hidup mereka secara keseluruhan. Ini memungkinkan individu untuk memiliki empati yang lebih luas terhadap kelompok atau individu yang mengalami kesulitan, seperti orang-orang yang hidup dalam kemiskinan atau penderitaan.

Komponen Empati Menurut Hoffman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun