Mohon tunggu...
alin destiyah azhariani
alin destiyah azhariani Mohon Tunggu... -

nama : alin destiyah azhariani jurusan : pendidikan madrasah ibtidaiyah uin maliki malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Minat Bermain pada Anak Usia Dini

12 Juni 2014   16:56 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:05 986
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ibu adalah orang terdekat dengan seorang bayi sebelum ataupun setelah ia lahir, jadi tidak heran ketika banyak anak kecil yang menangis kata yang terlontar dari mulut mungilnya adalah kata ibu....

Menjadi seorang ibu itu harus cerdas, harus peka akan semua stimulis yang di berikan oleh seorang buah hati dan ibu pun juga harus dapat merespon stimulus sang buah hati dengan cerdas. Seorang ibu harus mengetahui bagaimana perkembangan buah hatinya baik kognitif ataupun motoriknya. Berikut adalah perkembangan pada anak usia dini:

1.Pada bayi lahir sampai usia 1 tahun

A.Kemampuan motorik (rentang usia lahir sampai enam bulan)

§Membuat gerakan lebih lancar dengan maksud tertentu

§Kekuatan mengontrol tangan – belajar memukul, lalu meraih dan memegang objek (dengan seluruh tangan)

§Menemukan kaki – membawa ke mulut dan mengeksplorasi dengan kaki

§Mulai duduk dan dapat bermain dengan semangat

§Meningkatkan kemampuan dalam permainan otot yang lebih luas , termasuk berguling, berlari, membanting dan melambung

B.Rentang usia tujuh sampai dua belas bulan

§Mulai duduk sendiri

§Mulai merangkak dan maju pelan-pelan ke atas atau ke dalam

§Mulai menarik kaki untuk berdiri, berpijak (berjalan setelah memegang prabot

§Memperlihatkan keinginan untuk berpindah atau bergerak dan mempraktekkan kemampuan tersebut

§Berkembangnya fungsi menggenggam (ibu jari dan jari) menjadi menjepit dan mulai memegang benda dengan satu tangan

§Mulai memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya

§Mulai menyusun benda

§Mulai ingin membenturkan atau membanting, memasukkan, menyodok atau menusuk, menggulung, menekan, menurunkan, mengocok, memukul, melempar, membuka atau menutup, mendorong atau menarik, menngosok atau mengisi, menarik

§Senang bermain saat mandi-menyepak dan “berkecipak” di air

2.Pada anak usia 1 – 2 tahun (13 – 24 bulan)

Pada usia 1- 2 tahun gerakan, tubuh, pengamatan, daya pikir dan sosial terus berkembang. Hal ini ternyata mempengaruhi cara bermain dan alat alat yang digunakan dalam bermain. Terdapat beberapa indikator perkembangan yang dijelaskan sebagai berikut :

A.Kemampuan motorik:

§Melatih ketrampilan fisik

§Suka untuk menarik, meletakkan, mendorong, membongkar, menyusun, memukul, mengosongkan dan mengisi

§Seang mendorong dan menarik sambil berjalan

§Suka menaiki dan dapat mengatur langkah untuk menaiki tangga rumah

§Mencoba dan meniru ketika berbusana

§Mempertunjukkan kemampuan pada benda benda kecil

§Menggerakkan dan memindahka mainan dari satu tempat ke tempat lain

§Menendang dan menangkap bola besar

§Menggerakkan dan memutar tombol

B.Kemampuan persepsi kognitif :

§Memperlihatkan ketertarikan pada hubungan sebab akibat

§Memperlihatkan keinginan untuk selalu mencoba dengan benda-benda

§Tertarik pada cara kerja benda yang bergerak/berpindah dan bereaksi

§Menggabungkan benda-benda dengan benda lain

§Menunjukkan pemahaman dan fungsi-fungsi peralatan keluarga yang sederhana

§Menunjukkan keterkaitan pada benda-benda yang tersembunyi

§Mengelompokkan benda-benda sejenis

§Suka bermain air dan pasir

§Mencoret-coret pada kertas

C.Kemampuan sosial dan bahasa :

§Bermain dalam suatu kelompok dan lebih banyak bersosialisasi

§Lebih menuntut adanya kebebasan

§Suka pada permainan meniru

§Menyatakan kasih sayang pada sesama

§Mulai tertarik pada buku-buku bergambar

§Menyukai permainan interaktif seperti mainan

3.Pada anak usia 2-3 tahun

a.Kemampuan motorik :

§Berkaitan de balik, dengan kegiatan/aktivitas otot

§Sangat bergantung pada kegiatan fisik seperti melompat, memanjat, memegang sesuatu dengan tangan, berputar-putar, lari berjinjit, melakukan salto/jungkir balik, berguling-gulingan

§Melempar dan merebut semua macam benda

§Mendorong sebuah benda dan mencoba mengemudikannya

§Mulai memainkan dan mengkoordinasikan tangan dan jari, kurang lebih pada usia 2sampai 3 tahun

§Sangat menyukai mainan dengan ukuran yang kecil dan mulai menyelidiki sifat dari permainan tersebut

b.Kemampuan kognitif (kemampuan berpikir dan mengamati) :

§Menunjukkan keingintahuan terhadap sifat suatu benda/objek seperti susunan, bentuk, ukuran, dan warnanya

§Mencocokkan beberapa benda/objek yang sama

§Mulai membuat bentuk/pola, menyesuaikan ukurannya dengan contoh yang dilihat.(2-4 pola)

§Memperlihatkan kemampuan benhitung secara spontan

§Memperlihatkan aktifitas kreatif permulaan (menggambar, membangun, membentuk dari tanah liat)

§Menggunakan suatu objek untuk melakukan perbuatan objek lain (contoh: menjadikan sebuah boneka seperti seekor hewan)

§Meulai berpikir untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah dengan cara coba dan ralat

c.Kemampuan bersosialisasi dan bahasa :

§Senang terhadap permainan yang bersifat imajinasi/fantasi dan mulai tertarik bermain rumah-rumahan

§Mulai bermain dengan anak laindan mulai menyukai benrmain peran dengan teman-temannya

§Yang dapat dilakukan orang dewasa:

·Berikan beberapa alat permainan yang aman dan tahan lama kepada anak

·Tunjukkan keinginan yang kuat terhadap kemandiriannya; dengan memberikan pujian bila dia telah melakukan sesuatu yang benar

·Biasakan berbicara ketika bermain dan biasakan anak untuk mengutarakan keinginan/mengeluarkan pendapatnya

·Biasakanlah untuk mendengarkan cerita-ceruta sederhana dari buku-buku cerita dan sering-seringlah membacakannya.

4.Pada anak usia 3-4 tahun

a.Kemampuan kognitif

§Dapat memahami konsep makna yang berlawanan seperti kosong-penuh, ringan-berat,atas-bawah

§Dapat memadankan bentuk geometri (lingkaran, persegi dan segitiga)dengan objek nyata atau melalui visualisasi gambar

§Dapat menumpuk balok atau gelang-gelang sesuai ukurannya secara berurutan

§Dapat menggelompokkan benda yang memiliki persamaan warna bentuk dan ukuran

§Dapat menyebutkan pasangan benda

§Mampu memahami sebab akibat

§Dapat merangkai kegiatan sehari-hari dan menunjukkan kapan setiap kegiatan dilakukan

§Menceritakan kembali 3 gagasan utama dari suatu cerita

§Mengenali dan membaca tulisan melalui gambar yang sering dilihat di rumah atau di sekolah

§Mengenali dan menyebutkan angka 1 -10

b.Kemampuan motorik

§Berdiri diatas salah satu kaki selama 5-10 detik

§Menaiki dan menuruni tangga dengan berpegangan dan berganti-ganti kaki

§Berjalan pada garis lurus

§Berjalan dengan berjinjit sejauh 3 meter

§Berjalan mundur

§Melompat ditempat,ke depan dengan kaki sebanyak 4 kali

§Bermain dengan bola (menendang dengan mengayunkan kaki ke dada)

§Mendorong, menarik dan mengendarai sepeda roda tiga atau mainan beroda lainnya

§Dapat melakukan permainan dengan ketangkasan dan kelincahan seperti menggunakan papan luncur

c.Motorik halus

§Dapat mengoles mentega dan roti

§Dapat mengikat tali sepatu sendiri dengan sedikit bantuan

§Dapat membentuk dengan menggunakan tanah liat atau plastisin

§Membangun menara yang terdiri dari 5-9 balok

§Memegang kertas dengan satu tangan dan menggutingnya

§Menggambar kepala dan wajah tanpa badan

§Meniru melipat kertas satu dua kali lipatan

§Mewarnai gambar sesukannya

§Memegang crayon atau pensil yang berdiameter lebar

d.Kemampuan sosial bahasa

§Sosio emosional

·Dapat mengerti keinginan orang lain dan dimengerti oleh lingkungannya

·Dapat berinteraksi dengan teman dalam suasana bermain dan bergembira

·Dapat meminta persetujuan orang dewasa yang disayanginya

·Dapat menunjukkan rasa kepedulian terhadap orang yang mengalami kesulitan

·Dapat berbagi dengan teman dan orang dewasa lainnya

·Dapat memilih teman bermain

·Dapat mengekspresikan emosi secara wajar baik melalui tindakan kata kata ataupun ekspresi wajah

·Dapat menunjukkan rasa sayang kepada orang lain

·Dapat meniru dan berminat pada kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa

·Dapat menunjukkan sikap sabar ketika menunggu giliran

·Dapat menggunakan barang orang lain secara berhati-hati

·Dapat menunjukkan kebanggaan terhadap keberhasilan

§Bahasa

·Dapat berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana yang terdiri dari 4-5 kata

·Mampu melaksanakan 3 perintah lisan secara berurutan dengan benar

·Senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami

·Menyebut nama , jenis kelamin dan umurnya

·Menyebut nama panggilan orang lain (teman, kakak, adik atau saudara yang telah di kenalnya

·Mengerti bentuk pertanyaan dengan menggunakan apa, mengapa dan bagaimana

·Dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan apa, mengapa dan bagaimana

·Dapat menggunakan kata depan : di dalam ,di luar di atas, di bawah di samping

·Dapat mengulang lagu anak – anak dan menyanyikan lagu sederhana

·Dapat menjawab telepon dan menyampaikan pesan sederhana

·Dapat berperanserta dalam suatu percakapan dan tidak mendominasi untuk selalu ingin didengar

Sumber : Yuliani, konsep dasar pendidikan anak usia dini(jakarta: PT INDEKS 2011),

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun