Mohon tunggu...
Alina Sekar Widya Rahmawati
Alina Sekar Widya Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Guru privat

Calon sarjana pendidikan yang suka pramuka, tapi suka makan dan main juga

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tantangan Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2023: Infografis #BERAKSI1 Menggugah Rasa, Mengolah Kata

24 Februari 2023   23:34 Diperbarui: 24 Februari 2023   23:36 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Hari ini, 24 Februari 2023, saya mencoba untuk mencari celah di sela-sela kegiatan saya yang alhamdulillah sedang sangat penuh di bulan ini. Lebih tepatnya, mengejar tenggat waktu pengumpulan tugas Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2023.

Ya, saya Alina Sekar Widya Rahmawati, dipanggil Alina, seorang guru privat mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika (kadang mata pelajaran lain juga, hehe) yang statusnya masih mahasiswa dan sedang mengejar berkas administrasi agar dapat sidang Tugas Akhir secepat mungkin. Karena, kebanyakan teman-teman seangkatan saya telah menikah, studi lanjut ke luar negeri maupun ke luar kota.

Oke, kembali ke topik. Di antara kesibukan saya sebagai seorang pengajar dan mahasiswa, alih-alih mencari waktu istirahat, saya malah nekat mendaftarkan diri dalam Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2023. Eh, ndilalah lolos jadi semifinalis, jadilah saya harus mengerjakan tugas infografis yang bagi saya sangat menantang. Bukan karena saya tidak mau belajar untuk membuatnya (ini adalah pertama kalinya saya membuat infografis!!!), tapi betul-betul saya seakan tidak ada waktu istirahat karena pekerjaan saya yang tidak berbatas waktu, alias freelance. 

Tapi memang dasar saya anaknya suka mencari tantangan, saya tetap tancap gas!

Mari kita awali dari cerita penentuan tema dan sub-tema tugas infografis ini.

Sekitar 150 pemuda-pemudi yang mengikuti Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2023 telah melangsungkan Tes Tertulis pada tanggal 18 Februari 2023 yang lalu. Kemudian, 60 orang di antaranya telah ditetapkan untuk melaju ke babak selanjutnya dan menjadi semifinalis Dimas Diajeng Sleman 2023. Disinilah penugasan #BERAKSI1 dimulai.

Seluruh semifinalis diwajibkan untuk membuat infografis, dengan tema yang ditentukan oleh panitia, dan sub-tema yang diperbolehkan untuk dipilih secara individual. Berikut daftar tema dan sub-tema untuk penugasan #BERAKSI1:

Tema:
1. Wisata Budaya
2. Wisata Alam
3. Wisata Pendidikan
4. Wisata Minat Khusus
5. Ekonomi Kreatif

Sub-tema:
1. Sapta Pesona
2. Peningkatan Perekonomian
3. Sumber Daya Manusia
4. Konservasi Lingkungan
5. Kebijakan Politik
6. Penerapan Hukum
7. Pemasaran dan Promosi
8. Pengembangan dan Pembangunan
9. Branding Awareness
10. Kesehatan masyarakat

Kebetulan, saya mendapatkan tema 3, yakni Wisata Pendidikan. Jujur, begitu mendapat tema ini, saya lemas, bingung, sub-tema apa yang akan saya pilih? Semuanya saya rasa berkaitan, tetapi semakin dipikirkan, semakin pusing jadinya. Akhirnya, saya putuskan untuk mencari sumber data yang sesuai dengan Wisata Pendidikan. Lumayan banyak, saya coba membaca situs pemerintah Kabupaten Sleman, beberapa laman desa-desa wisata berbasis pendidikan di Kabupaten Sleman, laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sampai ke laman Badan Pusat Statistik (BPS). Hati dan pribadi yang cukup perfeksionis ini menjadikan saya memiliki perasaan "harus banyak mencari sumber data dan referensi", yang akhirnya memutuskan memilih sub-tema Branding Awareness. Lalu, jadilah saya harus membuat infografis yang nyambung dengan tema dan sub-tema tersebut. 

Banyaknya Destinasi Tujuan Wisata (DTW) di Kabupaten Sleman merupakan hal yang menjadi perhatian saya, terlebih sebagai seorang pendidik, wisata pendidikan atau wisata edukasi seharusnya menjadi topik yang mudah bagi saya, terlebih sebagai orang ber-KTP Kabupaten Sleman. Namun setelah saya mencari data dan referensi, ternyata banyak sekali DTW berbasis wisata pendidikan di Kabupaten yang saya cintai ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun