Setiap anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda-beda. Namun, jika Anda melihat
adanya penyimpangan yang signifikan dari pola perkembangan normal, sebaiknya segera
konsultasikan dengan ahli, di langsir dari jurnal oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HPI),
Oleh Erikson, E. H. (1963). Childhood and society perkembangan normal ialah
Normal
* Perkembangan Fisik Pertumbuhan fisik sesuai usia, koordinasi motorik baik,
kesehatan prima.
* Perkembangan Kognitif Kemampuan berpikir logis, memecahkan masalah, belajar dari
pengalaman, rasa ingin tahu tinggi.
* Perkembangan Sosial-Emosional Mampu berinteraksi, memiliki empati, mengelola
emosi, harga diri sehat.
* Perkembangan Bahasa Komunikasi jelas, memahami dan menggunakan bahasa efektif.
Tidak Normal
* Tundaan Perkembangan Kemampuan tercapai lebih lambat dari anak seusianya
* Perkembangan Berlebih Kemampuan tercapai lebih cepat dari anak seusianya.
* Perilaku Menyimpang Perilaku tidak sesuai norma sosial atau mengganggu fungsi
sehari-hari.
* Masalah Emosional Kesulitan mengelola emosi, sering marah, sedih, cemas.
Dan menurut Grossman, H. J. (1993). Early identification of children with developmental
delays. Berikut adalah yang tidak normal
Menurut Jurnal Kedokteran Anak Indonesia (JKAI) perkembangan anak adalah proses
kompleks yang melibatkan perubahan fisik, kognitif, bahasa, sosial, dan emosional. Setiap
anak memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda-beda, namun secara umum ada tahapan-
tahapan perkembangan yang diharapkan terjadi pada usia tertentu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H