Kita akan mencoba untuk praktik merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif 2 pada mata pelajaran IPAS fase B yaitu mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkiatan dengan kompetensi dan lingkup materi. Guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena prisnsip dan proses yang digunakan tetap sama.
Pada alternatif dua tujuan pembelajaran diurmuskan dengan menganalisis kompetensi dan lingkungan materi pada CP. Jadi yang pertama dilakukan pada alternatif 2 adalah:
1. Mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi.Â
Pada tabel diatas kompetensi yang diminta adalah "menganalisis hubungan" lingkup materinya adalah "fungi pancaindra" pada kalimat selanjutnya peserta didik diminta "membuat alat simulasi" lingkup mateirnya adalah "siklus mahluk hidup" dan dilanjutkan pada lingkup semua elemen. Â
2. Mengelompokkan Hasil Identifikasi.
Kita kelompokkan kompetensi dan ruang lingkupnya. Untuk mempermudah analisis hasil identifikai ini dapat kita tuangkan dalam tabel seperti contoh berikut.Â
Pada contoh CP diuraikan perkalimat karena pada karakteristik mata pelajaran IPAS , setiap kalimat CP dapat memuat ruang lingkup yang berbeda-beda. Kita juga dapat mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama misalnya untuk contoh berikut ini dapat dikelompokkan dalam ruang lingkup energi:
Ini hanya salah satu contoh untuk memudahkan analisis. Bukan menjadi format atau cara baku. Sedangkan dalam keterampilan proses keterampilan ini merupakan keterampilan inkuiri yang bisa membantu dalam memahami IPAS di setiap lingkup materi informasi ini didapatkan pada saat kita mempelajari CP jadi kompetensi elemen ini dikembangkan saat melaksanakan elemen pemahaman dan bisa dijadikan referensi melakukan perencanaan pembelajaran di setiap ruang lingkup.