Mohon tunggu...
Alimah Sukawati
Alimah Sukawati Mohon Tunggu... -

The most dangerous enemy is yourself

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Terpadu

12 Oktober 2010   10:44 Diperbarui: 26 Juni 2015   12:29 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Guru merupakan fasilitator pendidikan yang bertugas untuk menyampaikan ilmu kepada anak didiknya. Akan tetapi apabila dalam penyampaian materi guru hanya mnggunakan metode ceramah, maka siswa akan cepat merasa bosan. Oleh sebab itu guru dituntut untuk dapat menciptakan pembelajaran yang efektif, inofatif, dan menyenangkan. Guru dapat menggunakan metode-metode pembelajaran yang sudah marak, seperti model pembelajaran Jigsaw, CTL, SAVI, STAD, dll.

Selain metode pembelajaran yang tadi sudah disebutkan, ada juga metode pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu adalah proses pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran agar terkesan tidak kaku dan terkotak-kotak dan biasanya menggunakan lingkungan sekitar untuk mendukung pembelajaran ini, karena anak akan lebih gampang menangkap suatu pembelajaran apabila menggunakan benda-benda konkret. Untuk anak SD, pembelajaran yang seperti ini sangat disarankan, terutama untuk siswa kelas rendah. Mereka akan bisa lebih mengeksplorasi kemampuan mereka dalam berpikir. Mereka dapat mengembangkan pengetahuan mereka tidak hanya melalui apa yang mereka dengar, tetapi dengan apa yang mereka lihat, rasakan, dan lakukan tetapi masih dalam batasan tema yang sudah guru berikan sebelumnya. Pembelajaran terpadu menekankan pada keaktifan siswa dalam pembelajaran, yang akhirnya diharapkan dapat berdampak pada hasil pembelajaran yang optimal.

Pelaksanaan pembelajaran terpadu tidak harus setiap hari, pembelajaran terpadu dapat dilaksanakan menyesuaikan materi yang kiranya dapat di laksanakan menggunakan pembelajaran terpadu. Atau bisa juga dilaksanakan tiap minggu, yaitu pada hari sabtu dimana kita dapat memanfaatkan waktu selagi guru menghadiri KKG.

Pembalajaranterpadu dikembangkan selain untuk mencapai tujuan pembalajaran yang telahditetapkan, diharapkan siswa juga dapat :


  1. Meningkatkan pemahaman konsep yang dipelajarinya secaralebih bermakna,
  2. Mengembangkan keterampilan menemukan, mengolah, danmemanfaatkan informasi,
  3. Menumbuhkembangkan sikap positif, kebiasaan baik, dannilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan.
  4. Menumbuhkembangkan keterampilan social seperti kerjasama, toleransi, komunikasi, serta menghargai pendapat orang lain.
  5. Meningkatkan minat dalam belajar,
  6. Memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dankebutuhannya.

Adabeberapa manfaat dalam menggunakan pembelajara terpadu, yaitu :


  1. Banyak topik yang tertuang di setiap matapelajaranmempunyai keterkaiatan konsep dengan yang dipelajari siswa.
  2. Pada pembelajaran terpadu memungkinkan siswa memanfaatkan keterampilannya yang dikembangkan dari mempelajari keterkaitan antarmatapelajaran.
  3. Pembelajaran terpadu melatih siswa untuk semakin banyak membuat hubungan inter dan antarmatapelajaran, sehingga siswa mampu memproses informasi dengan cara yang sesuai daya pikirnya dan memungkinkan berkembangnya jaringan konsep-konsep.
  4. Pembalajaran terpadu membantu siswa dapat memecahkanmasalah dan berpikir kritis untuk dapat dikembangkan melalui keterampilan dalamsituasi nyata.
  5. Daya ingat (retensi) terhadap materi yang dipelajarisiswa dapat ditingkatkan dengan jalan memberikan topic-topik dalam berbagairagam situasi dan berbagai ragam kondisi.
  6. Dalam pembelajaran terpadu transfer pembelajaran dapatmudah terjadi bila situasi pembelajaran dekat dengan situasi kehidupan nyata.

Pembelajaran Terpadu mempunyai beberapa kelebihan antara lain :


  1. Materi pelajaran menjadi lebih dekat dengan kehidupan anak sehingga anak dengan mudah memahami sekaligus melakukannya
  2. Mengakomodir jenis kecerdasan siswa
  3. Dapat menumbuh kembangkan ketrampilan berpikir siswa
  4. Meningkatkan interaksi sosial anak

Selain mempunyai kelebihan, pembelajaran terpadu juga mempunyai kekurangan, yaitu :


  1. Guru harus memiliki wawasan yang luas dan keterampilan yang tinggi
  2. Siswa dituntut untuk menemukan dan menggali suatu permasalahan, apabila anak tersebut tidak pandai menguraikan pikirannya maka pembelajaran terpadu sulit dilaksanakan
  3. Membutuhkan cara penilaian yang menyeluruh sehingga guru dituntut untuk menyediakan eknik dan prosedur pelaksanaan penilaian dan pengukuran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun