Mohon tunggu...
Alifia Rahmah Putri
Alifia Rahmah Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya seorang mahasiswa semester 6 yang berkuliah di Universitas Lancang Kuning

saya seorang mahasiswa yg mempunyai hobi membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 16 Pekanbaru yang Dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Lancang Kuning

31 Mei 2024   15:45 Diperbarui: 31 Mei 2024   16:17 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pekanbaru_Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Lancing Kuning terdiri dari Alifia Rahma Putri, Maidina Godammiarti, dan Salsa Fadila, pada mata kuliah Pembelajaran Biologi Inovatif melakukan kegiatan pembelajaran di SMAN 16 Pekanbaru  yang menerapkan model problem based learning dengan pendekatan TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) dan STEAM.

Model pembelajaran ini bertujan mendorong siswa untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan pengetahuan yang telah atau akan dipelajarinya. Permasalahan yang diajukan pada model Problem Based Learning, bukanlah permasalahan "biasa" atau bukan sekedar "latihan".

Dokpri
Dokpri

TPACK merupakan integrasi antara ketiga komponen, yaitu teknologi, pedagogik, dan konten pembelajaran. Di era serba teknologi seperti sekarang ini, guru dituntut untuk mahir dalam mengintegrasikan ketiganya. Terlebih lagi, sudah banyak bermunculan platform penunjang pembelajaran (e-learning).
Salah satu pembelajaran yang bisa memanfaatkan TPACK adalah Biologi materi "Perubahan dan Pencemaran Lingkungan", yang mana dalam aspek Pedagogical knowledge guru menggunakan metode presentasi di kelas dan peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Dalam aspek Content knowledge guru memberikan penugasan pada setiap kelompok. Dalam aspek Technology knowledge peserta didik diminta untuk presentasi, dan memperhatikan video melalui laptop yang terhubung dengan layar proyektor.

Dengan menggunakan inovasi dari model dan pendekatan tersebut proses pembelajaran berlangsung dengan penuh semangat, siswa sangat tertarik dengan inovasi-inovasi baru yang diterapkan dan memperhatikan dengan seksama penjelasan yang diberikan.

Video pembelajaran dari inovasi yang diterapkan dapat di lihat di YouTube
https://youtu.be/XkMABxLNF94?si=E_NfqAiPw3eYkKGR

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun