Tim penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pendidikan kimia UNNES telah menyelenggarakan sebuah pelatihan pengembangan video pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan HTML 5 Package.Â
Prof. Dr. Murbangun Nuswowati, M.Si., yang bertindak sebagai ketua tim peneliti dan pengabdian pendidikan kimia UNNES menyebutkan bahwa pelatihan pengembangan video pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan HTML 5 Package dilaksanakan untuk mendukung karakter konservasi.Â
Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 37 pendidik SMA Negeri 1 Demak dari berbagai mata pelajaran di sekolah tersebut. Sejumlah dosen dan tenaga kependidikan juga terlibat membantu diantaranya: Harjito, S.Pd., M.Sc., Sri Kadarwati, M.Si.,P.hd., Â Drs. Eko Budi Ssusatyo, M.Si., Nuril Huda, S.Si dan Muhammad Bisri serta 4 mahasiswa, antara lain Ainu Ilmiatuz Zahro, Afdha Fadilah, Teguh Budiyanto dan Aliffia Nur Aini.Â
Pelatihan ini memiliki tiga tahapan dimana tahap pertama adalah kegiatan seminar pada 31 Mei 2024 di aula SMA Negeri 1 Demak. Kegiatan berisi pemahaman materi terkait pentingnya literasi dalam pembelajaran modern oleh pemateri dari tim pengabdian Drs. Eko Budi Susatyo, M.Si., lalu dilanjutkan dengan mengaitkan pembelajaran modern menggunakan video interaktif yang memanfaatkan aplikasi LUMI oleh tim pengabdian Harjito, S.Pd., M.Sc. Kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan video pembelajaran oleh peserta kegiatan dengan  memanfaatkan HTML 5 Package (H5P)
Pelatihan pembuatan video pembelajaran interaktif dipilih untuk memberikan wawasan yang luas kepada pendidik dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya pembuatan video dengan HTML 5 Package (H5P). Video pembelajaran interaktif dapat menunjang pembelajaran di kelas sehingga pembentukan karakter peserta didik dapat tercapai, terutama karakter konservasi.
Guru guru yang terlibat dalam kegiatan ini diberikan materi pendahuluan terkait pembuatan video yang interaktif dengan memanfaatkan HTML 5 Package (H5P), aplikasi software pendukung pembuatan video juga contoh video yang benar dan kurang tepat sebagai acuan dalam membuat video pembelajaran interaktif.
Kegiatan 2  pendampingan pembuatan video (31Mei -- 25 Juli 2024) secara daring. Sebanyak 31 dari 37 guru yang ikut pelatihan, yang berhasil membuat video pembelajaran interaktif. Tiga puluh satu video langsung di review untuk mendapat saran dan masukan yang membangun dari tim pengabdi, supaya kedepannya dapat menjadi bahan perbaikan yang lebih baik. Pada batas akhir sudah tidak bisa memperbaiki lagi, langsung dinilai oleh 2 penilai dan  ditentukan 3 nominasi terbaik.Â