Masih ingat dengan kwikku.com? Jejaring sosial asli Indonesia yang dimotori mahasiswa-mahasiswi asal Malang. Belum ingat? Apa tidak tahu? Kalau tidak tahu selanjutnya akan dijelaskan sedikit tentang kwikku. Kwikku adalah jejaring social local yang memiliki keunikan berbasis popularitas. Di kwikku setiap aktivitas yang dibagikan pengguna akan mendapakan apresiasi berupa rate (penilaian). Penilaian ini didasarkan pada keinginan setiap manusia yang berlomba-lomba untuk mendapatkan reputasi yang baik. Pada dasarnya, manusia ingin didengar, ingin diperhatikan dan ingin menunjukan siapa dirinya. Sama halnya ketika seseorang mengupload video ke Youtube, apabila banyak viewernya pasti akan menimbulkan kesan bangga. Kesan bangga inilah yang dicapture oleh kwikku. Intinya kwikku memfasilitasi pengguna untuk berbagi kebaikan, dan kebaikan itu diberi apresiasi berupa penilaian. Jejaring social yang memiliki tagline Find Your Popularity ini tidak seperti jejaring social pada umumnya. Apa bedanya?? Bedanya adalah jika di jejaring social lain beranda penuh dengan status galau, maka di kwikku beranda tidak selalu dijejali dengan status galau. Hal ini dikarenakan di kwikku ada fitur untuk nge-blog. Sehingga beranda juga bermunculan artikel-artikel menarik yang dibagikan pengguna. Sehingga pengguna bisa berbagi pemikiran dan wawasan yang tidak sebatas status. Wah sudah jelas kan?? Kwikku sendiri muncul sekitar setahun lalu, tepat pada bulan September. Dan masih berkembang hingga sekarang. Perkembangannya memang tergolong pelan namun pasti. Selama setahun ini kwikku tidak tinggal diam, selain senantiasa melakukan pengembangan sistem dan user interface/user experience kwikku juga rajin mengikuti kompetisi nasional. Tidak tanggung-tanggung, baru-baru ini kwikku masuk 7 besar kategori software diajang INCREFEST 2014 (Industry Creative Festival). Kompetisi nasional ini diadakan oleh Kementrian Perindustrian. Tidak sebatas itu, kwikku juga tercatat sebagai finalis ajang nasional bertajuk Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kwikku yang diwakili Tim Kwikku Nusantara masuk 10 besar dan berhak mengikuti acara puncak di Yogyakarta November mendatang. Wah, patut diapresiasi perjuangannya. Meski banyak jejaring sosial asing yang bermunculan dan mulai menyita perhatian muda-mudi Indonesia namun kwikku tidak ingin kalah. Kabarnya kwikku juga memiliki impian untuk membuat masyarakat Indonesia mencintai produk Indonesia sehingga produk Indonesia memiliki semangat untuk berkembang. Lewat kwikku, pengembang kwikku ingin mendorong kepercayaan masyarakat bahwa produk Indonesia juga berhak mendapatkan kesempatan dicintai oleh bangsanya. Wah wah wah, jadi begitu ceritanya. Selain beberapa keunikan tadi, dilansir via blog resmi kwikku. Kabarnya hari ini kwikku meluncurkan beberapa fitur baru. Apa saja yang baru di kwikku? Yuk simak. 1. Bahasa Daerah Kwikku memiliki tujuan untuk mempertahankan kebudayaan Indonesia lewat konten yang tersedia di kwikku. Konten yang dimaksud bisa melalui stiker/emoticon serta rubrik khusus yang membahas seputar Indonesia. Khusus tentang bahasa daerah, kwikku saat ini telah memiliki beberapa bahsa daerah seperti Jawa, Ambon dan Palembang. Saat ini kwikku tengah mengembangkan bahasa lain seperti Banjar, Madura, Sunda dan lain-lain bersama para kwikkers (sebutan pengguna kwikku red). Tujuan pengembangan bahasa ini adalah agar keragaman bahasa yang ada di Indonesia tidak luntur dan para pengguna kwikku bisa mengetahui seperti apa sih bahasa-bahasa daerah di Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H