Oleh: Ali Fauzi
Hari pertama sekolah adalah hari penting. Menjadikan hari pertama menjadi menarik bagi siswa jauh lebih penting lagi. Seorang guru, terutama guru yang sudah berpengalaman, sangat memahami bagaimana menghadapi awal tahun pembelajaran. Faktanya, setelah minggu pertama, siswa sering kembali lagi mengalami rutinitas yang kadang membosankan bagi mereka.
Setiap peserta didik datang ke sekolah untuk menemukan dan mendapatkan komunitas yang menyenangkan. (baca: Tujuan Siswa Ke Sekolah Untuk Berbahagia). Mereka berangkat ke sekolah dengan sejuta harapan. Maka, tugas guru adalah menampung, memelihara, merawat, dan mengembangkan harapan-harapan setiap anak agar menjadi kenyataan.
Bagi peserta didik yang berangkat ke sekolah dan belum memiliki harapan, tugas guru adalah memancing, membuatnya tertarik, hingga menyalakan harapan dan cita-cita pada diri peserta didik. Salah satu cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan menciptakan komunitas sekolah yang positif.
Komunitas positif harus diciptakan. Komunitas positif berkaitan dengan rasa aman, nyaman, dihargai, dan merasa diterima oleh lingkungan. Komunitas ini dibangun, terutama di bulan-bulan pertama sekolah.
Jangan sampai siswa lebih berbahagia dan senang dengan sekolah tanpa guru, yakni saat istirahat, jam pulang, dan jam kosong.
Inilah 4 cara menciptakan satu bulan pertama yang woww dan inspiratif bagi siswa.
- Mengikat rasa
Ada empat unsur penting yang harus mengikat rasa satu sama lain; siswa, guru, lingkungan, dan belajar. Mengikat rasa sangat dibutuhkan karena setiap peserta didik ketika berangkat ke sekolah harus memiliki rasa aman, rasa nyaman, rasa diterima oleh guru dan teman, serta rasa dihargai setiap usaha dan kemampuannya.
Setiap anak akan menemukan cara belajar terbaiknya ketika dirinya merasa dihargai kemampuan dan usahanya.
Setiap peserta didik baru harus mengikat rasa dengan siswa lain agar saling mengenal dan memahami. Mari kita tingkatkan dari sekadar kenal nama dan alamat menjadi saling mengenal pribadi. Misalnya, ada syarat mengungkapkan hobi atau peristiwa menyenangkan dan menyedihkan saat perkenalan. Bagi kelas yang lebih tinggi, hal ini bisa sangat beragam.
Mengikat rasa dengan guru. Apa yang dilakukan oleh seorang guru akan sampai kepada siswa. Jika kita menaruh kemarahan pun, siswa akan dapat merasakannya. Maka, seorang guru harus mengenalkan diri dan karakternya kepada peserta didik. Seorang guru juga harus mengungkapkan harapannya kepada peserta didik agar keduanya memiliki rasa kasih sayang. (baca: 2 “CINTA” Yang Menghebatkan Guru)