Model komunikasi Newcomb atau yang dikenal dengan model keseimbangan adalah model komunikasi yang terjadi karena dua orang yang berkomunikasi tentang sesuatu kesamaan yang mereka sukai terhadap suatu hal yang mereka bicarakan. Model komunikasi ini bisa tidak seimbang karena perbedaan suatu sikap di antara kedua orang tersebut. Namun, apabila tidak terjadinya suatu keseimbangan mereka biasanya akan mengurangi perbedaan sehingga keadaan bisa menjadi relatif seimbang. Di sisi lain, jika terjadinya keseimbangan maka masing-masing pihak berusaha untuk mempertahankannya.
Semakin majunya teknologi tentu kita sudah tidak asing lagi dengan Game Online. Salah satunya contoh game online yang digemari remaja saat ini ialah Game Players Uknown's Battleground. Game perang ciptaan Breendan Grenee ini memiliki sistem permainan Battle Royal yang artinya kita harus berusaha untuk bertahan dan membunuh satu sama lain untuk menjadi orang yang terakhir di permainan itu, jika kita berhasil bertahan hingga mengalahkan pemain terakhir dari permainan tersebut maka kita dianggap menang atau dalam game PUBG dikenal dengan istilah Winner! Winner! Chicken Dinner!. Dalam mencapai kemenangan itu tentunya ada hasil kerja sama dan komunikasi yang baik dari tim tersebut.
Saat bermain game PUBG, kita akan menemukan sebuah perbedaan pendapat, misalnya ketika permainan dimulai kita berkomunikasi dengan rekan satu tim kita dalam menentukan dimana kita akan turun. Dua orang tersebut memiliki pendapat yang berbeda karena mereka memiliki area yang disukai untuk turun. Orang pertama menyukai turun di area A karena hasil senjata area tersebut bagus, tetapi orang kedua lebih suka turun di area B karena jarang ada musuh yang turun di area B. Mereka tetap turun di tempat yang mereka suka. Tetapi, setelah mereka mengumpulkan senjata mereka akan berkumpul Kembali dengan satu tim di lokasi yang sudah mereka sepakati.
Contoh lainnya adalah ketika hendak menyerang musuh, kedua orang ini akan saling berdebat untuk langsung menyerang musuh atau berdiam diri sembari menunggu musuhnya datang. Setelah melihat kondisi di dalam game tersebut lebih baik langsung menyerang karena posisi musuh mudah untuk di lawan, Otomatis orang yang tadinya memilih berdiam diri sembari menunggu musuhnya datang akan mengikuti kondisi yang ada dan terjadilah kesepakatan untuk menyerang musuhnya langsung tanpa adanya paksaan dari salah satu pemain.
Contoh-contoh tadi yang sudah dijelaskan tentu sangat relevan dengan model komunikasi yang digagas oleh Newcomb, yaitu keseimbangan. Ketika tidak terjadinya ketidakseimbangan mereka akan mempertahankan pendapatnya masing-masing, tetapi setelah melihat situasi kondisi yang ada mereka akan mengambil pendapat terbaik mereka, misalnya mereka ingin turun di area A sedangkan rekan satu tim lainnya ingin turun di area B perbedaan pendapat inilah yang membuat ketidakseimbangan, namun mereka mereka akan merubahnya menjadi seimbang dengan  sepakat untuk turun di area favorit mereka dan bertemu kembali di lokasi yang sudah mereka sepakati.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H