Mohon tunggu...
Alifa Nurul Inayah
Alifa Nurul Inayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta Fakultas Teknik dan Desain Prodi Teknologi Informasi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pembentukan Mental Entrepreneurship Mahasiswa Melalui Koperasi Mahasiswa (KOPMA)

25 Januari 2024   03:05 Diperbarui: 25 Januari 2024   03:16 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Koperasi mahasiswa berperan dalam pentingnya pembentukan karakter seorang wirasusaha dalam menunjang keterampilan dan juga kemampuan mengelola suatu usaha secara bersama.

Kontribusi KOPMA Terhadap Pengembangan Karakter Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa

Koperasi kerap menjadi wadah bagi para mahasiswanya dalam mengembangkan ide bisnis, sehingga dapat ditemukan solusinya. Selain itu, koperasi mahasiswa ikut andil memperoleh pengalaman praktis dalam manajemen, kepemimpinan, pengambilan keputusan, dan pengelolaan keuangan yang efektif pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, koperasi mampu menjembatani interaksi antara mahasiswa tersebut sebagai anggota koperasi dengan civitas akademika seperti dosen, staf administrasi, keuangan, bahkan alumni yang dapat menciptakan probabilitas bidang bisnis di masa depan. 

Namun yang perlu kita cermati bersama, masih seringkali terjadi persaingan secara tidak sehat yang menghambat kemajuan koperasi itu. Meski demikian, Koperasi Mahasiswa (KOPMA) memberikan ilmu-ilmunya melalui pendampingan dan pelatihan wirausaha kepada calon anggota koperasi.

Koperasi menjadi awal langkah dalam membentuk mental kewirausahaan mahasiswa melalui berbagai kegiatan, antara lain pelatihan kewirausahaan, pemberian modal usaha, pengembangan jaringan usaha, fasilitasi pengembangan produk, dan pemasaran serta membangun kolaborasi dengan institusi lain untuk memperluas akses pasar.

Singkatnya, koperasi mahasiswa berkontribusi terhadap pengembangan karakter kewirausahaan di kalangan mahasiswa dengan memberikan pengalaman praktis, mendorong pertukaran ide dan pemecahan masalah, menawarkan pelatihan dan pengetahuan kewirausahaan, dan memfasilitasi pembangunan jaringan dan kolaborasi bisnis.

 

Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa

Berbagai faktor yang memengaruhi motivasi mahasiswa dalam berwirausaha, seperti 

1. Efikasi Diri

2. Keterampilan Kewirausahaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun