Mohon tunggu...
alifahmukarromah
alifahmukarromah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Impikan harapkan dan wujudkan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Pengembangan Karir Guru: Kunci Menuju Pendidikan Berkualitas di Era Digital

1 Januari 2025   00:05 Diperbarui: 31 Desember 2024   16:13 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang guru sedang menyajikan materi pembelajaran dengan menggunakan teknologi  digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di era digit

Peningkatan kualitas pendidikan menjadi isu yang tidak pernah kehilangan relevansinya, terutama di tengah derasnya arus perubahan yang dibawa oleh era digital. Dalam konteks ini, pengembangan karir guru memegang peranan vital. Guru bukan hanya sosok yang bertugas mentransfer ilmu, tetapi juga menjadi motor penggerak inovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. Sayangnya, masih banyak pihak yang mengabaikan pentingnya pengembangan karir guru, padahal hal ini merupakan kunci dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.
Era digital menawarkan berbagai peluang dan tantangan bagi dunia pendidikan. Metode pembelajaran konvensional perlahan harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Guru, yang sering kali dianggap sebagai pondasi sistem pendidikan, dituntut untuk tidak hanya menguasai kompetensi pedagogik, tetapi juga kemampuan adaptasi terhadap teknologi dan perubahan kurikulum. Tanpa kemampuan ini, guru akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang semakin kompleks dan beragam.

Namun, apa sebenarnya makna dari "pengembangan karir guru"? Pengembangan karir adalah upaya untuk memastikan guru memiliki keterampilan dan wawasan yang selalu relevan dengan zaman. Upaya ini mencakup berbagai hal, mulai dari penguasaan teknologi, keterampilan sosial, hingga partisipasi dalam penelitian. Semua itu tidak hanya penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, tetapi juga untuk memperkuat motivasi dan kepercayaan diri guru sebagai tenaga pendidik profesional.

1. Pentingnya Pelatihan Berbasis Teknologi

Salah satu aspek yang mendesak untuk dikembangkan adalah kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Contohnya, pelatihan penggunaan aplikasi berbasis Android seperti Kahoot, Quizizz, dan Canva dapat membantu guru menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Bayangkan jika semua guru mampu menggunakan teknologi ini dengan maksimal. Pembelajaran tidak lagi monoton, tetapi menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi siswa.

Namun, perlu diakui bahwa pelatihan semacam ini tidak selalu mudah. Infrastruktur yang belum merata, akses internet yang terbatas, hingga literasi digital yang berbeda-beda di kalangan guru menjadi tantangan yang harus diatasi. Di sinilah peran pemerintah dan institusi pendidikan menjadi krusial. Dukungan berupa fasilitas dan kebijakan yang mendukung sangat diperlukan agar pelatihan teknologi ini dapat berjalan efektif.

2. Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran

Tidak hanya itu, penerapan teknologi dalam pembelajaran juga menjadi hal yang tak terhindarkan. Platform pembelajaran daring, aplikasi pendidikan, hingga perangkat digital interaktif menawarkan cara baru yang lebih efektif dalam mengajar. Misalnya, aplikasi seperti Google Classroom memungkinkan guru untuk mengelola kelas secara efisien, sementara alat seperti papan tulis interaktif dapat membuat pembelajaran menjadi lebih hidup. Namun, inovasi ini harus disertai dengan komitmen. Guru harus bersedia terus belajar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Tanpa keinginan untuk berkembang, semua fasilitas yang tersedia hanya akan menjadi sia-sia.

3. Pentingnya Literasi Data dalam Pendidikan

Selain teknologi, literasi data menjadi elemen yang semakin penting. Guru perlu memahami cara menganalisis data siswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Misalnya, hasil ujian dapat memberikan wawasan tentang kekurangan siswa di mata pelajaran tertentu. Dengan data ini, guru bisa menyesuaikan metode pengajaran agar lebih efektif. Sayangnya, literasi data belum menjadi prioritas di banyak sekolah. Guru sering kali kekurangan waktu atau sumber daya untuk mempelajari keterampilan ini. Padahal, dengan literasi data yang baik, keputusan pengajaran akan lebih terarah dan berbasis bukti.

4. Mendorong Guru Berpartisipasi dalam Penelitian

Hal lain yang tak kalah penting adalah partisipasi guru dalam penelitian dan publikasi. Kegiatan ini tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga meningkatkan reputasi guru sebagai ahli di bidangnya. Namun, seberapa sering kita mendengar tentang guru yang diberi kesempatan untuk melakukan penelitian? Realitanya, tuntutan administratif sering kali menghalangi guru untuk terlibat dalam aktivitas intelektual seperti ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun