Media diartikan sebagai  alat  atau  instrumen  komunikasi  yang   memungkinkan  seseorang  untuk  merekam  serta  mengirim  informasi  dan   pengalaman-pengalaman  dengan  cepat  kepada  khalayak  yang  luas,  terpencar- pencar   dan   heterogen (Achmad AS, 2002).Â
Media  dipengaruhi  oleh  berbagai  segmen,  di  antaranya  adalah   pertimbangan  bisnis,  pengaruh  pemerintah  dengan  orientasi  masalah  politik,  pengaruh  undang-undang  yang  berlaku,  pengaruh  kecenderungan  khalayak  dan  pengaruh  pemilik  serta  professional  media.Â
 Media  selain  menyampaikan   informasi juga menampilkan  hiburan,  kesan-kesan  dan  juga  simbol  berdasarkan  orientasi  media yang bervariasi. Namun, pada prinsipnya  media  diperuntukkan  bagi  khalayak  massa  yang  tersebar, besar dan luas (Melly  G  Tan, 1997).
Elemen media dan pentingnya media massa
Media merupakan komunikasi massa berorientasi berdasarkan isi media konfigurasi teknologi (televisi, radio, internet, majalah, buku dst) sedangkan sistem media menyangkut formal dan non formal (sistem publikasi, kantor pusat) dioperasikan berdasarkan kententuan hukum dan kesepakatan para professional dengan khalayak, praktisi, diterbitkan oleh kelompok terdiri dari pemilik modal, redaktur, distributor, dan periklanan.Â
Dalam hal komunikasi massa mempunyai fungsi. Sebab, media massa sebagai alat penyampai pesan kepada khalayak dan atas pesan yang disampaikanya dipastikan akan memiliki dampak untuk masyarakat.
 Mengingat isi pesan dalam komunikasi massa tentu memiliki tujuan sehingga dapat memengaruhi perasaan, sikap, opini, atau perilaku khalayak. Dari hal tersebut, peran media sangat mempengaruhi efektivitas atau keberhasilan suatu komunikasi.Â
Selanjutnya, media sebagai penunjang dalam suksesnya pembangunan, media menjadi sarana menyampaikan pesan -- pesan pembangunan kepada masyarakat, serta media juga berkaitan dengan ekonomi yang mana produk atau konten yang disajikan media saat ini mengarah pada nilai komersial.
SUMBER REFERENSI
AS,  Achmad. Media  Massa  dan  Khalayak. Makassar:  Hasanuddin  University  Press, 2002. Lull, James. Media, Komunikasi, Kebudayaan: Suatu Pendekatan Global. Terj. Setiawan Abadi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998.
Hendra. T (2019) Media Massa dalam Komunikasi Pembangunan. Jurnal At Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 1(2), 136-152.