Keberadaan praktisi public relations tentu dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Kebutuhan ini tidak hanya dirasakan oleh organisasi komersial, tetapi juga dirasakan oleh organisasi non-komersial seperti organisasi politik. Dan salah satu organisasi politik yang membutuhkan keberadaan praktisi PR adalah partai politik. Public Relations tidak hanya dibutuhkan untuk mengelola hubungan antara partai dan publik.
peran public relation dalam politik sangat dibutuhkan, terkait dengan elektabilitas partai politik dan yang lebih khusus adalah para aktor yang menjadi bagian dari partai politik tersebut. Pada era saat ini kompetisi mempengaruhi khalayak menjadi bagian yang sangat di utamakan, dikarenakan sistem multi partai yang dipakai oleh Indonesia sudah sangat bebas dan tak meunutup kemungkinan banyaknya partai baru yang akan berdiri jika memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh peraturan terkait pendirian partai politik.
Ancaman yang akan segera dievaluasi adalah sebatas mana para partisan partai bersedia menjaga etika, norma, bahkan perilaku baik jika mendapat kepercayaan masyarakat yang memilihnya, atas dasar itulah kepuasan masyarakat atau partisan partai politik bisa tetap utuh didalamnya. Namun jika tidak mampu merawat tujuan organisasi politik maka akan bisa dipastikan cepat atau lambat keberpihakan terhadap suatu organisasi politik akan berpindah, sehingga disinilah peran penting public relations dalam menjawab tantangan dalam menjaga keutuhan suatu organisasi politik.
Pada artikel kali ini, saya ingin memaparkan contoh dan implementasi dari PR Politik pada Ridwan Kamil. Bagaimana Ridwan Kamil memperoleh dukunganatas program kerjanya dan tetap mempersuasif Branding Image beliau tetap baik?
Kota Bandung mempunyai Needs (kebutuhan) dan demand yaitu seorang Walikota yang dapat menjadi masyarakat. Walikota yang rendah hati, merakyat, serta dapat dijadikan teman. Seakan tidak ada jarak yang jauh diantara Walikota dan penduduk Kota Bandung. Warga Kota Bandung menganggap Ridwan Kamil-lah yang mempunyai brand tersebut. Berikut beberapa hal yang dilakukan Ridwan Kamil untuk warga Kota Bandung:
1. Kang Emil selalu mengajak Crative muda di Bandung untuk mencari dan menciptakan solusi mengenai masalah lingkungan dan perkotaan dalam meningkatkan daerah sekitarnya.
2. Walikota BANDUNG ini selalu meminta warganya untuk jaga dan cintai BANDUNG.
3. Kang Emil nyaris sering menyapa dan menemui warganya langsung dengan mengajaknya berdiskusi.
"Saya jadi walikota mencoba menjawab permasalahan masyarakat, dan selalu membayangkan kalau saya menjadi masyarakat"
Ridwan Kamil dikenal oleh masyarakat Bandung bukan sekedar sebagai seorang walikota, Kalau dulu jabatan Walikota itu dipandang sebagai pejabat yang berjarak, sekarang anak muda di Bandung menganggap Ridwan Kamil sebagai teman. Lalu, Ridwan Kamil juga aktif di media sosial, hal itu membuat dirinya semakin dekat dengan Warga Kota Bandung yang masih berusia muda. Memanfaatkan Sosial Media, Kang Emil mampu menghilangkan jarak komunikasi, masyarakat bisa menyapa dia lewat sosial media, Semua bisa bertanya kepada Kang Emil, kemudian dia feedback (membalasnya).
Menurut saya, Ridwan Kamil adalah salah satu contoh yang baik dalam PR Politik. Karena cara-cara yang digunakannya dapat membuat dirinya mendapatkan dukungan dan simpati dari sebagian besar warga Kota Bandung.