Mohon tunggu...
Alif Afriza
Alif Afriza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hi, perkenalkan. Nama saya Alif Afriza, saya adalah seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Saya memiliki hobi bermain musik, dalam bermain musik saya memiliki band dan saya adalah seorang pianisnya. Selain itu, saya juga suka literasi dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tips Belajar Bahasa Pemrograman

6 April 2024   03:00 Diperbarui: 6 April 2024   03:20 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Belajardaringyuk.blogspot.com

Tips dan cara efektif untuk belajar bahasa pemrograman:

Banyak orang berfikir bahwasanya mempelajari ilmu pemrograman sangat sulit dan harus pintar dalam hal matematik. Mungkin ada benarnya, namun bagaimana jika kita membuat belajar memahami bahasa pemrograman dengan efektif dan mudah? bagaimana jika belum pernah sama sekali memiliki basic pemrograman? Saya memiliki beberapa tips untuk belajar algoritma pemrograman secara efektif dan mudah dengan cara yang saya terapkan sehari hari.

Memilih bahasa pemrograman yang ramah untuk pemula:

Saat awal saya mempelajari algoritma pemrograman saya memilih bahasa yang ramah untuk pemula, karena dengan cara tersebut dengan mudah agar kita dapat memahami algoritma pemrograman yang akan kita pelajari. Salah satu hal terpenting adalah kita memilih bahasa yang akan kita pelajari. Lalu apalagi setelah memilih? 

Baca juga: Simfoni Kehidupan

Yak, kita harus memahami algoritma dari bahasa yang kita pilih, karena dengan kita memahami basic fundamental dari bahasa yang akan kita pelajari pastinya jika kita belajar bahasa pemrograman yang lain akan lebih mudah tentunya, karena semua bahasa pemrograman memiliki algoritma yang hampir sama, hanya sintaks atau aturan penulisannya saja yang berbeda. Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman yang ramah untuk pemula bagi saya:

  • Python
  • C++
  • C
  • R
  • Javascript

Dan masih banyak lagi, bahasa diatas adalah bahasa pemrograman yang pertama kali saya pelajari sehingga saya memiliki gambaran algoritma bahasa pemrograman lain meskipun saya belum sepenuhnya menguasai bahasa tersebut.

Konsisten dalam belajar:

 Sumber gambar: Medium.com
 Sumber gambar: Medium.com

Nah, selanjutnya kita harus konsisten untuk mempelajari suatu hal baru yang mungkin sebelumnya sama sekali belum pernah kita lakukan atau pelajari. Konsisten dalam belajar yang saya maksud dalam konteks memahami bahasa pemrograman adalah dengan kita setiap hari harus mengkhususkan waktu kita untuk khusus mempelajari bahasa pemrograman, saya sendiri saat ini menerapkan cara ini dengan saya meluangkan waktu atau membuat waktu khusus dalam satu hari untuk mempelajari bahasa pemrograman. 

Dengan waktu khusus tanpa gangguan apapun kita fokus belajar, dan konsisten untuk terus belajar setiap harinya. Selain itu, kita harus meningkatkan waktu, cara belajar, dan tingkatkan terus bahasa yang ingin kita kuasai. Bagi saya cara ini sangat efektif, karena saya yang baru saja mempelajari bahasa pemrograman menerapkan ini dan saya sudah sedikit demi sedikit memahami algoritma pemrograman dan membuat dokumentasi dari hasil belajar saya.

Buat dokumentasi yang telah kita pelajari:

Sumber gambar: Repositori Github
Sumber gambar: Repositori Github

Cara efektif selanjutnya kita membuat sebuah dokumentasi apa yang telah kita pelajari dan hasil yang sudah kita buat atau project.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun