Mohon tunggu...
alief firdaus
alief firdaus Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa uin khas jember

fakultas ushuluddin adab humaniora prodi ilmu hadis angkatan2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Negara dengan Sejuta Budaya dan Sejuta Santri

17 Juni 2022   18:31 Diperbarui: 17 Juni 2022   18:36 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

jember, 17-06-2022

indonesia dengan dengan segala kekayaan dan keberagaman budaya yang sangat melimpah  menjadi salah satu icon indonesia yang dipampang tinggi kepada negara-negara di seluruh dunia. semua negara meyakini itu dan mempercayai itu bahwasanya indonesia patut disebut sebagai negara yang beragam akan kebudayaan dan kekayaan alamnya. bahkan berangkata dariapada itu banyak negara-negara eropa yang mengincar indonesia untuk kepentingan para kapitalis, sejarah mencatat bahwa indonesia pernah dijajah selama 350 tahun oleh bangsa bangsa kolonial yang haus akan kekayaan. terlepas daripada hal itu ada salah satu oknum yang berada di garda terdepan untuk kemerdekaan negara indonesia yaitu SANTRI. mereka semua berada di garda terdepan untuk kemerdekaan bangsanya, santri yang hanya bermodal kitab kuning dan pakaian yang menjadi ciri khas yaitu sarung, baju muslim, dan kopyah hitamnya , mereka berani melakukan hal itu demi bangsa dan negaranya karena dia tau bahwa perang untuk kemerdekaan negara adalah suatu bentuk(hubbul wathon) apabila itu mati di medan perang otomatais mereka mati syahid. berangkat daripada itu santri selalu takdim dan patuh terhadap kiai dan guru-gurunya, apabila kiainya memerintahkan untuk berperang maka para santri juga harus berperang untuk negaranya yang disebut jihad fi sabilillah. berbicara santri tentu kita jugamengaca pada kondisi pendidikan yang ada di indonesia yang disebut pesantren, jadi yang namanya santri tidaklepas dengan istilah pesantren . pesantren inilah yang mencetak para santri- santri yang memiliki kekuatan hati dan jiwa untuk bangsanya merdeka karena apa? karena pesantren tersebut terdapat suatu pembelajaran yang santri harus miliki yaitu tentang kemandirian, oleh karenaya santri menjadi garda terdepan untuk negaranya. dulu pesantren hanya sebuah gubuk yang menjadi bocah bocah desa mengaji dan belajar ilmu agama, dari bagaimana cara sholata bagaimana cara mengaji alquran yang benar dan fasih semua itu diajarkan dalam pesantren pada awalnya. dan yang mengenalkan pesantren pun bukan orang yang sembarangan tapi yang membawa pesantren ke tanah nusantara pada saat itu adalah para wali songo yang tetap eksis namanya sampai saat ini namun daripada itu para wali songo membawa pesantren dan metode pembelajaran yang cocok untuk tanah nusantara  tidak semudah apa yang kita pikirkan karena banyak tantangan dan rintangan yang menghadang , dari perbedaan ideologi dan kepercayaan yang sudah menjadi warisan turun temurun masyarakat pribumi nusantara. namamun para wali songo tetapa masuk karena yang mereka bawa ke nusantara adalah buah dari agama islam yang otomatatis misi pertama para wali songo dalam menyebarkan syiar adalah membangun peradaban islam yang baru di dunia timur agar islam menjadi agama yang besar dan luas cangkupannya. lambat laun para wali songo sudah bisa memberikan pemahaman bahwa islam adalah agama yang lurus yang dibawa oleh rasulullah saw, para wali songo memberikan pemahaman tentang al-quran dengan cara yang bisa diterima oleh para pribumi yaitu masuk pada budaya yang berkembang di nusantara seperti halnya wyang kulit dan pementasan gamelan yang sudah menjadi warisan leluhur warga pribumi. dari jalan itulah islam sudah mulai tersebar di nusantara pada kala itu, sudah banyakmsantri antar desa yang datang untuk menimba ilmu kepada para wali songo khususnya dijawa  yang kental dengan kewali songo annya , karena jawa adalah pusat daripada wali songo tersebut. di pulau inilah islam sudah banyak dikenal dan sudah banyak pesantren yang dibangun para kiai dulu untuk mengamalkan ilmunya , betapa banyak ulama ulama indonesia yang belajar langsung kepada para wali songo karena keberkahan ilmunya , para wali songo tetap eksis sampai sekarang. santri nusantara dulu memang tidak terlalu fokus pada pembelajaran karena dia lebih memilih untuk mengabdi kepada kiai demi barokahnya yang diistilahkan dengan nama ngalap barokah yang samapai sekarang tetap dilakukan oleh santri santri milenial. tidak bisa dipungkiri bahwa sanya santri tidak bisa dilepaskan dengan peristiwa penjajahan di indonesia selama 3,5 abad itu . bahkan pada tragedi 10 november para santri jawa timur banyak melakukan penyerangan terhadap penjajah yang pada saat itu berada di surabaya dan terus mengepung kepada para ulama salah satunya mbah hasyim yang saat itu di sandra oleh golongan para penjajahan 

 oleh karenanya indonesia tidak bisa melupakan santri sebagi tokoh penting indonesia karena perjuangannya lah indonesia menjadi negara yangmerdeka yang utuh. santri di nusantara juga memiliki ideologi yang terkenal dengan istilah jihad fi sabilillah karena apapun yang terjadi pada mereka dan para kiai dan guru gurunya  para santri pasti ada di depan untuk membelanya demi peradaban islam yang luas dan terus beregenerasi sampai anak cucu mereka. ada banyak tokoh santri dulu yang menjadi yaitu saichona kholil al-bangkalani yang menajdi guru para ulama nusantara dimana murid muridnya banyak tersebarluas dan seluruh menjadi tokoh tokoh besar di nusantara.mbah kholil yang berasal dari madura salah satu ulama karismatik yang menyongsong agama islam sebagai agama yang lurus mengikuti langkah para ulam ulama salaf yang terus bersambung kepada rasulullah saw, beliau salah satu ulama indonesia sepuh yang paham dengan kaidah kaidah islam yang ada di nusantara dan beliau terus menyongsong tinggi dengan segala penjuru arah mata angin agar peradaban islam terus berkembang sampai-sampai beliau pernah turun langsung dalam peperangan yang terjadi di nusantara. jiwa yang pantang menyerah dan taat namanya menjadi icon di madura. siapa sih yang tidak tau tentang ulama karismatik dari madura ini hampir seluruh penjuru pelosok nusantara mengetahui beliau mbah kholil. banyak santri santri yang ingin berguru kepada beliau karena ilmunya yang tinggi dan karismatik, sampai sampai ulam ualam dari luar negara pun ada yang ingin berguru kepada beliau diluar daripada ituitu mbah kholil adalah sosok ulama yang sederhana yang tidak suka bermewah mewahan , bukan karena tidak punya pekerjaan melainkan karena beliau tau bahwa harta hanya bisa membuat manusia lalai akan perintah allah dan akan menjauhkan dari sifat qonaah atau menerima apadanya, gampang bagi mbah kholil untuk mencari harta yang berlimpah betpa banyak aparat aparat pada kala itu yang terus memberikan harta untuk mengambil barokah dari beliau sehingga beliau menolaknya karena atas dasar kerendahan hati , mbah kholil takut apabila dia menerima harta dari pada aparat atau pejabat pejabat dari berbagi kalangan negara baik barat maupun timur  akan melunturkan niatnya untuk menyiarkan agama islam di nusantara khususnya di tanah madura yang mayoritas sudah banyak mengenal islam sampaisaat ini madura adalah salah satu daerha yang kental dengan ajaran islam nya dan di identtik dengan kota santri karena banyak santri santri madura yang alim dan terus berkelanjutan sampai sekarang semua itu karena kerja keras ulam ulam sepuh madura khususnya mbah kholil yang terus bergerak untuk agama dan nusantara, jangan anggap mbah kholil tidak cinta tanah air justru yang mengerakkan para santri nusantara untuk hubbul waathon adalah mbah kholil yang selalu senantiasa menjaga kan hal itu. kecintaan mbah kholil terhadap tanah air bukan kaleng kaleng jadi kita harus bisa meniru apa yang menjadi duplikat daripada mbah kholil selain beliau seorang ulama , mbah kholil juga termasuk sosok yang suka terhadp budaya indonesia khususnya di madura yaitu tradisi kerap sapi dan pencak silat atau ilmu bela diri. atas daripada itu hal ini menunjjukan bahwa mbah kholil juga budayawan yang memasukkan agama kepada budaya. jadi yang awalnya kerapan sapi di warnai denga tindakan setan seperti judi mbah kholil mengubahnya dengan cara yang lebih kejalan yang benar salah satunya dengan cara melakukan tradisi dengan memberikan hadiah kepada pemenang kerapan sapi tersebut. dan beliau juga termasuk ulam yang paham denagn ilmu ilmu silat khas madura ilmu beladiri yang beliau punya menjadi pegangan selam beliau berkelana untuk menyebarkan ilmu dan menimba ilmu di negeri orang , karena bahaya tidak bisa ditebak . beliau banyak memiliki murid yang semuanya memiliki pondok pesantren di berbagai daerah seperti mbah hasyim asy'ari tebuireng (jombang), mbah wachab hasbullah, kiai hasan sepuh genggong dan kiai as'ad samsul arifil situbondo dan banyak lagi santri mbah kholil yang tokoh kemuka karena barokah dari mbah kholil sang guru karismatik dari madura . saking tawaddu' nya mbah kholil kepada gurunya sampai sampai beliau rela turun dari dokar yang ia tunggangi setelah tau bahwa kuda yang digunakan dokar tersebut adalah kuda dari bima dimana mbah kholil pernah belajar kepada ulama asal bima tersebut pada saat di mekkah, karena takut tula dan cangkolang bahasa maduranya akhirnya mbah kholil turun dari dokar tersebut. hal yang seperti ini harus dicontoh setiap golongan dan orang khususnya para santri santri indonesia yang merupakan para generasi para ulama ulama terdahulu. mbah kholil yang taat terhadap perintah allah dan sosok ulama yang dekat dengan allah saking dekatnya kepada allah beliau banyak memiliki karomah yang sudah banyk dikenal para orang awam. mendengar karomah itu banyak yang mengklaim bahwa mbah kholil wali allah dari madura dari itulah mbah kholil sudah dikenal luas ke penjuru nusantara. murid muridnya pun juga banyak yang memiliki karomah yang luar biasa dan semua itu atas kehendak allah. tidak bisa dipungkiri bahwa setiap apapun yang terjadi pada hambanya tidak lepas dari kehendak allah yang maha esa dan maha kuasa atas segala makhluknya di langit dan dibumi.  salah satu murid mbah kholil yang sangat masyhur dari dulu sampai saat ini adalah beliau mbah hasyim asy'ari yang bergelar hadratusyaikh dimana gelar hadratussyaikh hanya diberikan kepada ulama yang hafal kutubus sittah yaitu kitab hadist yang berjumlah 6 yaitu kitab shahih bukhori karya imam bukhori, kitab shahih muslim karya dari imam muslim, sunan tirmidzi karya dari imam tirmidzi, kitab sunan ibnu majah karya dari imam ibnu majah, kitab sunan an-nasa'i karya daripada imam nasa'i,dan kitab sunan abu daud karya dari imam abu daud. semua dari kitab kutubus sittah mbah hasyim dihafalnya oleh karenanya beliau bergelar hadratussyaikh dan di diantara ulama nusantara yang ada hanya mbah hasyim yang bergelar hadratussyaikh mbah hasyim saat mau berguru kepada mbah kholil juga tidak dengan gampang  seperti santri santri lainnya. mbah hasyim harus diuji terlebih dahulu oleh mbah kholil dengan cara membiarkannya seakan akan mbah hasyim ditolak oleh mbah kholil untuk dijadikan muridnya. namun mbah hasyim tau bahwa ilmunya harus didapatkan dengan kerja keras agar menghasilakn ilmu yang barokah dan bermanfaat. sampai saatnya mbah hasyim diterima oleh mbah kholil sebagai muridnya. karena mbah kholil ingin terus menguji kesabaran mbah hasyim, mbah kholil menyuruh santrinya untuk mencari kayu bakar dihutan yang rimba karena ketaatannya mbah hasyim dan para santri bergegasberangkat kehutan untuk mencari kayu bakar dihutan. atas dasar ketaatan mbah hasyim terus menimba ilmu sampai tiba saatnya mbah hasyim diperintahkan mbah kholil untuk mencari guru yang lebih alim daripada mbah kholil karena semua ilmunya sudah habis diajarkan kepada mbah hasyim. dan pada kahirnya beliau pergi ke mekkah untuk mecari ilmu lagi.

. hal ini harus kita akui bahwa ulama indonesia bukan ulama sembarangan dan kita harus bangga dan kit harus bisa menjaga nama baik itu tetap hidup sampai akhir zaman semoga kita mendapatkan tetesan barokahnya amin ya robbal alamin. mbah hasyim juga memiliki pondok pesantren yang ia bangun setelah beliau menimba ilmu di mekkah dan kepada mbah kholil bangkalan, mbah hasyim membangun pondok yang terletak di daerah cukir,jombang jawa timur. pada tahun 1899 mbah hasyim mendirikan pondoknya yang dekat dengan pabrik gula cukir milik belanda. Saat beliau mendirikan  pondok banyak halangan dan rintanganyang beliau hadapi, tetapi semua itu tidak berarti bagi mbah hasyim, demi mengamalkan ilmu yang beliau dapat saat menimba ilmu di mekkah. halangan itu datang dari para kelompok kapitalis yang mengelola pabrik gula yang ada di dekat pondok beliau, halangan itu berupa ancaman dari para kelompok kapitalis seperti peneroran kepada santri dan keluarga mbah hasyim yang saat itu berada di pondok pesantren tebuireng karena kedatangan mbah hasyim disitu berupa ancaman bagi para kapitalis pabrik gula yang ada di situ. singkat cerita beliau mendirikan jam'iyah ulama yaitu nahdlotul ulama (NU) yang salah satu ormas islam terbesar di indonesia dan anggotanya pun sudah ribuan dari berbagai kalangan dan dari penjuru pelosok nusantara. dalam mendirikan NU pun mbah hasyim tidak sembarangan mengambil langkah maupun keputusan karena ini menyangkut kemaslahatan ummat islam dan para penerus islam. mbah hasyim terus memohon kepada allah agar diberikan petunjuk agar nantinya ormas ini bukan hanya bergerak dibidang agama saja tapi juga bergerak dalam ranah sosial juga agar bisa memberikan kemanfaatan bagi banyak orang. mbah hasyim sholat istikhorah agar bisa dibukakan jalan oleh allah sang maha penguasa dilangit dan dibumi dan pada akhirya atas petunjuk allah mbah hasyim kedatangan tamu yang tak lain tamu itu adalah KHR as'ad samsul arifin yang diperintahkan mbah hasyim bangkalan untuk mengantarkan tasbih kepada mbah hasyim, dengan sigap kiai as'ad langsung mengantarkan tasbih itu ke mbah hasyim dengan jalan kaki betapa tunduknya kiai as'ad kepada gurunya mbah kholil,sesampainya di tebuireng mbah hasyim langsung menyambut kedatangan kiai as'ad muda pada saat itu. datangnya kiai as'ad dengan membawa tasbih merupakan tanda bahwa petunjuk dariallah sudah datang dengan perantara mbah kholil dan kiai as'ad dan pada tahun 1926 NU di dirikan atas dasar petunjuk dari allah. dan mulai saat itulah NU tetap eksis dan terus berkembang sampai saat ini hal ini menunjukkan bahwa allah benar benar memberikan petunjuk bagi orang yang dekat dengannya dan allah juga menjaga NU ini karena didalamnya terdapat orang orang yang dekat dengan allah. ulama yang ada di indonesia sudah banyak mencetak santri santri menjadi santri yang sami'na wa ato'na dan satntri yang benar - benar hubbul wathon yaitu santri yang mencintai tanah air dengan landasan fatwa para ulama ulama terdahulu. berapa banyak pondok pesantren yang ada di nusantara yang memiliki puluhan ribu bahkan ratusan ribu santri yang dicetak menjadi penerus para ulama yang nantinya akan memimpin indonesia dan bahkan memimpin dunia santri indonesia di ibaratkan hewan buas dan pondok pesantren di ibaratkan hutan yang lebat yanhg didalmnya terdapat hewan buas yang bisa memangsa siapa aja yang mengganggu hutannya, santri disini sebagai hewan buas akan menjaga pondok dan kiainya agar tidak dimangsa oleh para brutalis brutalis yang menganga akan kekuasaan yang ada . betapa banyak kasus atau kejadian yang melibatkan banyak santri dan kiai dan para ulama nusantara lainnya, hal ini menunjukkan bahwa santri dan ulam berperan penting dalam segi apapun. para ulama dan santri nusantara yang dulu hanya dipandang sebelah mata oleh beberapa golongan karena jadul atau kuno dalam segi penampilan atau busana yang hanya menggunakan sarung,baju muslim, kopyah yang terpampang setiap hari . tetapi diluar itu ada banyak ilmu yang mereka miliki dari dari ilmu dunia dan ilmu akhirat semua ada dalam pesantren, dan semua itu dipelajari oleh para santri apalagi para ulam sepuh yang terus berkelana menuntut imunya allah yang masih banyak tersimpan di berbagai daerah pusat ilmu pendidikan seperti halnya hadrmaut atau mesir yang kala itu pernah menjadi pusat kelimuan dunia, banyak ulam ualam nusantara yang belajar keluar negara agar bisa diamalkan di negaranya sediri seperti halnya mbah hasyim asyari yang pernah belajar ke mekkah dengan waktu yang cukup lama, hal itu beliau lakuka semata mata mencari ridho allah dan mencari keberkahan dalam imu itu sendiri dan pada saat ini kita hanya tinggal menerima dan mengambil ilmuyang ulama lakukan selama bertahun - tahun. kita sebagai warga indonesia harus bisa bersyukur krena di indonesia masih banyakulam yang terus mengajarkan arti kehidupan dan mengajrakan agama agar tidak tersesat disuatu komunal yanga ada. bahkan para wali songo yang pertama kali membawa islam ke indonesia menurut sejarah yang ada mereka semua adalah murid daripada ulam ulama salaf yang sanadnya bersambung kepada rasulullah sehingga tidak dapat diragukan kembali keilmuannya. sekarang batapa banyak orang orang yang ingin menjatuhkan ulam ulama karena kepentigan yang tak jelas itu dan berapa ulama yang sering mem bid'ahkan ajaran ajaran yang dibawa para ulama karena cuman beda pamahaman. hal ini seharusnya bisa kita refleksikan kepada diri kita sendiri sebagai hamba allah yang butuh terhadap orang yang dekat dengan allah menggunakan ilmu. setiap apa yang ada di duni ini pasti ada ilmunya agar tidak salah jalan untuk mengabil keputusan suatu permaslahan. dalam hal ibadah pun kita mebutuhkan ilmu dalam menjalankannya agar tidak menyimpang adari ajaran nabi muhaammad tentu yang kita pelajari adalah ilmu ilmu yang tidak menyimpang dari ajaran islam. karena dalam hal akidah tidak bisa ditawar. dalam beribadah disana adal imu fiqih yang harus kita pahami dan kita harus praktekkan agar membuahkan hasil yang maksimal.  seperti halnya ibadah yang berkaitan dengan rukun islam , tentu disana ada ilmu yang harus kita kuasai satu persatu, dan pertanyaannya, darimanakah kita mengetahui ilmu itu , tentu kita mengetahuinya dari para ulama ulama yang ada di nusantara. dari sini kita bisa melihat betapa pentingnya ulama ulama terdahulu dalam kehidupan beragama kita. wali songo yang datang ke indonesia melalu budaya budaya indonesia yang ada tentu sudah mengkaji terlebih dahulu bagimana caranya agar  rakyat pribumi yang ada di nusantara bisa menerima ajaran islam sebagai apa yang diharapkan mereka semua. sejarah mencatat bahwa wali songo datang ke indonesia khususnya tanah jawa dengan berbagai metode atau cara agar bisa membaur masuk dengan baik. ada yang mengatakan bahwa wali song datang ke jawa dengan budaya yaitu gamelan. rakyat nusantara saat itu yang suka terhadap pertunjukan gamelan yang sudah ada pada jaman kerajaaan kerjaan kuno. dijadikan kesempatan oleh para wali songo untuk penyebaran islam di nusantara dengan menggelar pertunjukann yang di iringi suara gamelan dan diselipi nilai nilai keagamaan agar tujuan utama lambat laun bisa terpenuhi hal itu salah satu pemikiran yang cerdas dari para wali songo yang namun bisa diterima dengan baik oleh para rakyat pribumi di nusantara. diluar daripada itu ada juga metode yang digunakan para wali songo yaitu melalui perdagangan dimana letak indonesia berda digaris yang strategis sehigg cocok dijadikan pusat perdagangan dunia dari situlah banyak para wali songo yang mulai menyebarkan agama islam. para wali songo mulai mengajarkan cara jual beli yang benar dan tidak menimbulkan riba. berangkat dari situ banyak rakyat yang tertarik deng ajaran para wali songo karena keuntungan yang dia dapatkan lebih besar daripada cara yang dulu mereka lakukan. kesempatan emas bagi para wali songo dalam menyebarkan islam. dan setelah dikira banyak yang memeluk agam islam para wali songo mulai mendirikan tempat untuk kegiatan belajar mengajar yaitu dikenal dengan pondok, dari situlah perlahan agama islam tersebar sampai ke seluruh penjuru negeri nusantara..  disamping daripada itu, indonesia juga terkenal akan budaya , bukan hanya negaranya para santri tapi indonesia juga negaranya budaya. maka dari itu disini kita juga akan membahas bagaimana budaya dilestarikan oleh tiap tiap bangsa yang ada di indonesia bayangkan berapa banyak budaya yang seharusnya kita lestarikan, pulau jawa yang sangat kental dengan budayanya terutama budaya yang dijadikan sebagai budaya spritualisme seperti halnya budaya tahlilan dan lain sebagainya terlepas daripada hal itu, budaya yang dianggap spritualisme juga banyak mendapatkan penolakan dari berbagai kalangan yang dianggap budaya seperti itu hanya sebatas budaya yang bisa menyesatkn menurut beberapa kalangan yang menolak budaya indonesia. budaya indonesia juga memiliki beberapa karakteristik dalam pengenalannya hanya saja kita harus bisa menilai dengan cara seksama agar tidak tertipu dengan keaadan yang ada. salah satu karakter budaya yang ada di indonesia adalah religius dan spritualis namun kebanyakan yang dia angggap sesat adalah budaya yang memiliki corak karakteristik spritualisme karena menyangkut agama dan keyakinan serta akidah. bagi orang awam budaya yang demikian harus bisa diposisikan sekedar budaya saja bukan malah dijadikan sebagai kebiasaan yang bisa merubah akidah seseorang oleh karenanya kita harus bisa memilih, mana  budaya yang bisa kita budayakan dan mana budaya yang tidak bisa kita budayakan. banyak sekali budaya yang sulit kita menilainya lebih jauh, yang awalnya budaya ini adalah budaya yang bisa kita jadiakan sebagai metode mendekatkan kepada allah yang maha esa dan maha segala atas segala mahluknya. indonesia dengan segala keberagamannya ini masih saja mendapatkan penolakan karena terlalu banyak oknum yang ingin merusak agama dan negara dari jalan dalam, hanya saja mereka tidak bisa langsung menggunakan cara yang dianggap terbuka. jadi para pembawa budaya barat menggunakan cara psikologis agar bisa mengubah budaya indonesia yang awalnya religius yang damai malah menjadi religius yang radikal dan ekstreme bahkan banyak ajaran ajaran yang dianggap islam yang rahmatan lil alamin tapi malah sebaliknya , mereka menindas dn tidak berperi kemanusiaan. budaya yang dulu dijadikan sebagai pedoman hidup sekarang sudah mulai ditinggalkan karena banyak budaya asing yang datang untuk menghancurkan budaya pribumi yang asli dari leluhur nusantara. indonesia yang selama ini kita kenal sebagai negara yang banyak memiliki pulau dan banyak memiliki sumber daya alam , ternyata indonesia juga menyimpan banyak budaya sebagai warisan bangsa untuk anak cucu pribumi yang masih dalam kandungan. kita sebagai penerus generasi bangsa dan budaya indonesia harus bisa memiliki jiwa memelihara karena budaya bangsa ada ditangan kita sebagai wrga negara.  dan indonesia juga memiliki tokoh dalam hal kebudayaan salah satunya adalah kh. abdur rahman wachid atau yang sering dijuluki ( GUS DUR) beliau adalah tokoh budayawan yang sangat terkenal dengan humanisnya , siapa yang gk kenal dengan beliau? cucu dari mbah hasyim ini selain dari tokoh agama yang karismatik beliau juga budayawan indonesia yang sudah melanglang buana keseluruh negara untuk memperkenalkan buadaya kita karena itulah beliau juga disebut budayawan , gusdur daripada itu beliau juga merupakan bapak pluralisme yang mencintai keberagaman, gus dur tidak memandang bulu, kulit, ras, dan suku dalam bertoleransi selama dia rakyat indonesia gusdur tetap akan mengayominya karena itulah beliau dijuluki bapak pluralisme yang tetap eksis sampai saat ini. beliau adalah salah satu sosok yang pernah menjadi presiden indonesia yang ke 4 selain menjadi pemimpin beliau juga memimpin pondok pesantren tebuireng yang dibangun oleh kakeknya.  gusdur banyak mendapatkan pujian dari idolanya karena kelucuannya pada saat menyampaikan ceramah di berbagai daerah siapa yang tidak mengidolakan gusdur , semua pasti mengidolakan gusdur yang selalu taat dan patuh akan akan ibadah dan selalu terbuka dengan apa yang terjadi diluar sana baik dari sisi agama , budaya, bahkan politik gusdur turun tangan sebagai orang yang memberikan pemikiran atau pandangan untuk bagaimana negaranya dikemudian hari agar tentram, seperti yang di impi-impikan semua orang. dan biasanya gus dur jika angkat bicara beliau pasti memberikan pesan-pesan atau nasihat yang kita patut laksanakan. meskipun gusdur seorang ulama ada juga yang mengatakan bahwa gusdur terlalu bermain main dalam menjalankan tugas sebagaii pemimpin negara. bukan hanya gusdur yang menjadi budayawan indonesia disana ada cak nun yang terkenal dengan bahasa yang sangat unik dan menarik karena bahasa yang digunakan dalam menyampaikan ceramahnya lebih ke bahasa bahasa filsafat yang tidak bisa ditelan mentah mentah karena bahasa filsafat sangat rumit tetapi makna yang terkandung didalamnya sangat berarti. caknun dengan kopyah sufinya sangat menunjukan bahwa dia adalah seorng budayawan yang terkenal hanya saja bahasa yang digunakan sangat rumit. kalau di analogikan bahwa caknun berusaha menggabungkan tiga elemen yaitu , agama ,budaya dan filsafat ketiga tiganya adalah sumber ilmu pengetahuan yang baru . dan disana juga ada bung sujiwo tedjo yang sangat unik juga dan karismatik karena bahasa yang digunakan dalam mengenalkan budaya hampir sama dengan caknun karena mereka berdua satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh karenanya indonesia disebut gudangnya ilmu dan gudangnya budaya. harapan kami sebagai warga negara untuk budaya indonesia . semoga budaya indonesia tetap berada pada jalan yang lurus karena semuanya adalah warisan sang leluhur kita yang sudah lama  meng inginkan untuk negaranya. kita harus bangga karena bisa menikmati budaya dan kebergaman yang ada tanpa membelinya tanpa memeranginya jangn sapmpai manusia yang ada di nusantara bisa di adu domba oleh berbagai golongan karena perbedaan ajaran saja. kita harus bisa bagaimana caranya untuk tetap pada satu tujuan yaitu indonesia maju dan sejahtera karena budaya. berapa banyak diluar sana orang yang ingin menjadi warga negara indonesia karean negara asalnya sudah banyak terjadi konflik antara suku bangsa dan negara. oleh karenanya kita harus bisa menjaga ideologi kita , menjaga bangsa dan negara demi anak cucu kita, 

kesimpulannya adalah indonesia yang mayoritas bergama islam memang tidak bisa dilepaskan dengan adanya santri maupun santri yang asli belajar di indonesia maupun santri yang belajar di luar negara. selama dia santri yang bisa mengubah indonsia ke jalan yang lebih baru dan benar selamanya akan tetap santri dan yang perlu digaris bawahi bahwa santri juga tidak lepas dengan adanya ulama ulama nusantara yang kokoh menjaga dinding ke kaagamaan diluar dariapada itu juga ada banyak ulama yang harus kita dukung sebagai bentuk tawa'duk dan rasa sami'na wa ato'na karena itu termasuk adab kita kepada orang yang berilmu dan kita harus memuliakannya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun