Perkembangan jurnalisme semakin dinamis beriringan dengan digitalisasi yang juga semakin canggih. Jurnalisme masa depan hadir dan tidak akan terpisahkan oleh elemen multimedia.
Jurmalisme saat ini sedang menuju ke arah horizontal dan transaksional, menurut Yohanes Widodo dalam Jurnalisme Multimedia, dalam model ini audiens menjadi aktif karena audiens tidak lagi menjadi orang yang hanya mengkonsumsi berita melainkan juga bisa menjadi orang yang menulis berita.
Kemajuan multimedia dapat dilihat dari iklan pada ekspansi web hingga proses videografinya. Multimedia sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang diantara kita sebagai masyarakat modern di era digital ini.
Apa itu Jurnalisme Masa Depan ?
Jurnalisme masa depan adalah sebuah bentuk perubahan seorang jurnalis dalam mengelola informasi dan menulis berita. Jika pada zaman dahulu jurnalis menyebarkan informasi dengan koran, majalah atau media massa, berbeda dengan saat ini. Saat ini jurnalisme bisa dilakukan secara online (online journalism) dan melalui mobile device (mobile journalism) yang dimana jurnalis menyebarkan informasi melalui gadget.
Hadirnya teknologi-teknologi tersebut turut membantu proses penyebaran informasi dan penulisan berita secara cepat yang artinya jurnalis dapat menyebarkan berita kapan saja dan dimana saja.
Jurnalisme masa depan menuntut seorang jurnalis untuk lebih kreatif dalam menyebarkan konten digital. Dan dengan sistem ini, jurnalisme masa depan menjadi lebih interaktif dan mempermudah pembaca dalam menerima informasi yang diberitakan.