Mohon tunggu...
Jhon Qudsi
Jhon Qudsi Mohon Tunggu... Penulis - Pegiat Media Sosial

Eksistensi suatu peradaban di bentuk oleh tulisan yang melahirkan berbagai karya i buku

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Puisi "Penjara Ketakpedulian" Karya Bambang Syairudin (Bams)

15 Agustus 2024   00:55 Diperbarui: 15 Agustus 2024   01:08 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar lukisan karya Birto 

Tema utama dari puisi ini adalah ketidakpedulian yang digambarkan sebagai bentuk egoisme yang dapat menjerat seseorang dalam "penjara" batin. Bambang Syairudin menggunakan metafora "penjara" untuk melukiskan keadaan di mana seseorang terkekang oleh sikap acuh tak acuh terhadap lingkungan sosialnya. Sikap ini, meskipun mungkin memberikan kenyamanan sementara bagi individu yang bersangkutan, pada akhirnya tidak memberikan manfaat yang berarti, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi masyarakat luas.

Melalui baris-baris puisi ini, penulis ingin menyampaikan bahwa kepedulian sosial adalah kunci untuk meningkatkan martabat bersama. Ketidakpedulian, di sisi lain, hanya akan membuat seseorang terjebak dalam lingkaran egoisme yang mengisolasi mereka dari realitas dan kebutuhan orang lain. 

Pesan moral yang disampaikan oleh sang penyair, Bambang Syairudin, dalam puisi ini adalah pentingnya menyeimbangkan antara kepentingan pribadi dan tanggung jawab sosial karena keduanya adalah elemen yang saling melengkapi dalam membangun kehidupan yang bermakna.

Penggunaan metafora "penjara" adalah salah satu kekuatan utama dari puisi ini, di mana kata tersebut menggambarkan secara visual dan emosional bagaimana ketidakpedulian bisa menjadi penghalang yang nyata dalam hubungan sosial.

Struktur puisi ini terdiri dari baris-baris yang relatif pendek, dengan beberapa di antaranya diakhiri dengan rima yang lemah, menciptakan kesan keterputusan atau keterasingan, yang mungkin mencerminkan perasaan terisolasi yang disebabkan oleh ketidakpedulian. Pemilihan kata seperti "keasikan" dan "tak bermanfaat" menambah bobot pada kritik yang disampaikan, dengan menggarisbawahi bagaimana sikap egois dapat membawa kerugian, baik secara individu maupun kolektif.

Dari perspektif emosional, puisi ini berhasil menggugah rasa empati pembaca. Secara halus, puisi ini mengajak kita untuk merenungkan dampak dari sikap ketidakpedulian, baik bagi diri kita sendiri maupun bagi orang lain yang mungkin membutuhkan bantuan. Ada sentimen kekecewaan yang kuat terhadap sikap acuh tak acuh, yang digambarkan sebagai tindakan yang tidak produktif dan merugikan kemaslahatan umat.

"Penjara Ketakpedulian" sangat relevan dalam konteks sosial saat ini, di mana banyak individu yang lebih memilih untuk fokus pada kepentingan pribadi di tengah-tengah kemelut sosial yang semakin kompleks. Kehidupan modern dengan segala kemudahan teknologi dan informasi sering kali membuat kita terlena, lupa bahwa ada orang lain di sekitar kita yang mungkin membutuhkan uluran tangan.

Puisi ini adalah tafsiran terhadap kondisi sosial masyarakat yang semakin individualistis. Seakan-akan mengingatkan kita bahwa ketidakpedulian, meskipun tampaknya tidak berbahaya, sebenarnya memiliki dampak yang merugikan dalam jangka panjang, baik bagi individu itu sendiri maupun bagi masyarakat secara keseluruhan. Relevansi sosial dari puisi ini semakin terasa ketika kita menghadapi berbagai masalah global, seperti kemiskinan, ketidakadilan, dan krisis kemanusiaan, yang membutuhkan solidaritas dan kepedulian bersama.

Wallahu a'lam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun