Mohon tunggu...
Ali HasanAbdullah
Ali HasanAbdullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Saya adalah seorang Mahasiswa jurusan Manajemen FEB UMY. Kesibukan saya saat ini adalah fokus pada pengembangan diri melalui berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengapa UMKM Harus Go Digital

20 Mei 2023   12:23 Diperbarui: 20 Mei 2023   12:35 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di era digital saat ini, usaha kecil dan menengah (UKM) menghadapi persaingan yang semakin ketat dari bisnis yang lebih besar dan sudah mapan. Untuk tetap unggul, UKM perlu merangkul transformasi digital. 

Transformasi digital adalah proses penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan operasional bisnis dan pengalaman pelanggan. Hal ini dapat membantu UKM untuk: 

  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas
  • Memperbaiki layanan pelanggan
  • Menjangkau pasar baru
  • Berinovasi dan membedakan diri dari pesaing

Ada banyak manfaat dari mengadopsi digital bagi UKM. Berikut ini hanya beberapa di antaranya: 

  • Peningkatan efisiensi dan produktivitas

Teknologi digital dapat membantu UKM mengotomatisasi tugas, menyederhanakan proses, dan meningkatkan komunikasi. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam efisiensi dan produktivitas.

Sebagai contoh, sebuah studi oleh McKinsey Global Institute menemukan bahwa bisnis yang mengadopsi teknologi digital dapat meningkatkan produktivitas mereka hingga 25%.

  • Peningkatan layanan pelanggan

Teknologi digital dapat membantu UKM menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik dalam berbagai cara. Misalnya, bisnis dapat menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan, obrolan langsung untuk menjawab pertanyaan, dan email untuk memberikan dukungan.

Sebuah studi oleh Salesforce menemukan bahwa 80% pelanggan mengharapkan bisnis tersedia 24/7, dan 63% pelanggan bersedia beralih ke pesaing jika mereka mengalami pengalaman layanan pelanggan yang buruk.

  • Menjangkau pasar baru

Teknologi digital dapat membantu UKM menjangkau pasar baru dan mengembangkan bisnis mereka. Misalnya, bisnis dapat menggunakan e-commerce untuk menjual produk atau layanan mereka secara online, atau mereka dapat menggunakan media sosial untuk terhubung dengan calon pelanggan di negara lain.

Sebuah studi oleh World Bank menemukan bahwa e-commerce dapat membantu UKM meningkatkan penjualan mereka hingga 30%.

  • Inovasi dan perbedaan

Teknologi digital dapat membantu UKM berinovasi dan membedakan diri dari pesaing. Misalnya, bisnis dapat menggunakan big data untuk mendapatkan wawasan tentang perilaku pelanggan, atau mereka dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk mengotomatisasi tugas.

Sebuah studi oleh Boston Consulting Group menemukan bahwa bisnis yang menjadi pengguna awal teknologi digital lebih cenderung berinovasi dan mengembangkan bisnis mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun