LemahDuwur (2020) pada minggu keempat dan kelima, kegiatan TIM II KKN Undip diisi dengan pelaksanaan kegiatan program Digitalisasi Marketing para pengusaha logam di desa lemah duwur serta pelestarian lain berupa perancangan peraturan desa pembentukkan Badan Usaha Milik Desa yang rencananya akan berupa produksi logam. Â Desa Lemah Duwur menurut data dari kelurahan sebagian besar warganya bekerja dibidang industri logam, hampir dari 70% warganya mempunyai mata pencaharian yang berhubungan dengan logam, Hal inilah yang mendorong mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro membuat program kuliah kerja nyata berupa pelatihan-pelatihan digitalisasi marketing. Harapan kedepannya supaya para pengusaha logam dapat mempunyai jaringan yang luas tidak hanya di sekitar desa atau kabupaten/kota saja melainkan dapat menjangkau pemasaran antar provinsi antar pulau bahkan dapat juga antar negara. Memang tidak mudah untuk melatih pemasaran menggunakan teknologi digital. Namun setidaknya dapat dicoba dan juga mengetahui untuk pembelajaran para pengusaha logam.Â
Program ini juga dilatarbelakangi dengan adanya ketidakmampuan pemasaran di era digital serta terhambatnya pemasaran akibat covid 19 maka diperlukan jaringan pemasaran yang lebih luas supaya industry logam masih dapat memproduksi barang terus menerus serta bertujuan untuk melestarikan warisan nenek moyang desa lemah duwur yaitu berupa keahlian dalam bidang produksi logam. Program ini diikuti oleh beberapa pengusaha logam yang ada di desa Lemah Duwur, Kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan iklan melalui Instagram ads. Instagram Ads adalah platform iklan di  media sosial Instagram. Kedua yaitu pelatihan pembuatan desain sederhana menggunakan aplikasi online yaitu Canva Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui  perangkat desktop maupun mobile. Dengan demikian, Anda dapat berkreasi kapan pun dan di mana pun. dan juga pelatihan pembuatan website gratis menggunakan google bisnis, serta pemasaran marketplace melalui shopee. Program ini dilakukan berjangka di minggu ketiga dan keempat KKN. Output dalam program ini yaitu adanya akun shoppe untuk pemasaran produk, terbentuknya website usaha dagang logam, rancangan peraturan desa tentang pembentukkan BUMDES, dan juga booklet pelatihan digitalisasi marketing. Â
#P2KKNUNDIP
#KKNTIMIIPERIODE2020
#LPPMUNDIP #UNDIP
Oleh : AL HIQNII FUTUHAAT
TIM II KKN UNIVERSITAS DIPONEGORO
KAB.TEGALÂ
DOSEN PEMBIMBING : DR NANIEK UTAMI HANDAYANI S.Si., M.T.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H