Mohon tunggu...
Alham Ghozali
Alham Ghozali Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

2020 Kota Tangerang Mau Full E-Government, Yakin?

1 Januari 2019   12:21 Diperbarui: 1 Januari 2019   12:36 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berawal dari pemberitaan media lokal yang memberitakan tentang pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Kota Tangerang terpilih tahun jabatan 2018 - 2023 yang dimenangkan oleh petahana Arief Wismansyah (Walikota) dan Sachrudin (Wakil Walikota) melawan kotak kosong. 

Pelantikan dilakukan pada 26 Desember 2018 kemarin, lalu setelah membaca berita tersebut saya langsung mengunjungi situs Pemerintah Kota Tangerang di tangerangkota.go.id dan disana terdapat arsip berita tentang visi misi walikota terpilih untuk 5 tahun kedepan. 

Ternyata ada point yang menyatakan bahwa walikota menargetkan pada tahun 2020 Kota Tangerang menjadi Full E-Government.

Hmm, rasa pesimisme akan visi tersebut dapat berjalan dengan baik pun muncul. Terlebih ingatan saya kembali pada kasus peretasan website milik pemkot tangerang oleh hacker. 

Lalu bagaimana jika E-Government telah diterapkan tetapi pemkot masih belum bisa melakukan pengawasan dan pengamanan secara baik yang akan berujung pada kasus yang sama? Duh..

Lalu bagaimana dengan masyarakat kota tangerang itu sendiri, apakah mereka sudah siap untuk menghadapi E-Government?. Dimana segala sesuatu layanan publik akan dilakukan secara digital dan pastinya membutuhkan masyarakat yang mengakses layanan publik tersebut. 

Terlebih terdapat data yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan bahwa sebanyak 78,20% masyarakat kota tangerang memiliki telepon seluler namun hanya 51,49% yang mengakses internet dan 80% pengguna internet hanya menggunakan internet untuk aktivitas di media sosial.

Visi yang dimiliki oleh Walikota dan Wakil Walikota terpilih sebenarnya sudah bagus dan baik, namun alangkah baiknya pemerintah kota tangerang dapat memperhatikan dari segi masyarakat yang mana masyarakat kota tangerang saat ini masih banyak yang belum menggunakan internet. Padahal internet merupakan media utama dalam E-Government.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun