* Piaget: Fokus pada perkembangan kognitif individu melalui interaksi dengan lingkungan fisik. Anak membangun pemahaman dunia secara mandiri.
 * Vygotsky: Menekankan peran sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif. Anak belajar melalui interaksi dengan orang lain yang lebih berpengalaman.
Teori Vygotsky (Sosiokultural)
 * Zona Perkembangan Proksimal (ZPD): Jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri dan apa yang dapat dilakukan dengan bantuan orang lain.
 * Scaffolding: Proses memberikan dukungan yang tepat untuk membantu anak mencapai ZPD-nya.
 * Bahasa: Alat utama untuk belajar dan berpikir.
Teori Piaget (Konstruktivisme Kognitif)
 * Tahapan Perkembangan: Sensorimotor, pra-operasional, operasional konkret, operasional formal.
 * Skema: Struktur mental yang digunakan untuk memahami dunia.
 * Akomodasi dan Asimilasi: Proses menyesuaikan skema dengan informasi baru.
Perbandingan