Mengeksplorasi Dimensi Komunikasi Dalam Konteks
Ruang Lingkup Belajar Sebagai Pembangunan Karakter
Â
Muhammad Naufal Al Ghifary
NIM : 23010400102
Dosen Pengampu : Dr. Nani Nurani Muksin, S.Sos, M.Si
Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Jakarta
naufalmaba23@gmail.com
Komunikasi merupakan aspek yang melimpah dan meluas dalam segala aspek kehidupan manusia. Sebagai jaringan yang kompleks dan melibatkan berbagai elemen, komunikasi memainkan peran integral dalam menghubungkan, membentuk pemahaman, dan menciptakan makna dalam berbagai konteks. Luasnya cakupan komunikasi mencerminkan kemampuannya untuk memengaruhi dinamika sosial, budaya, ekonomi, dan edukasi.
Jadi bisa dikatakan manusia merupakan manusia komunikasi. Di rumah, di sekolah, di tempat umum, bersama orang lain, ataupun tidak bersama orang lain, manusia bisa melakukan komunikasi. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang dinamika komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup belajar. Komunikasi di bidang pendidikan memegang peran sentral dalam membentuk lingkungan pembelajaran yang efektif dan membawa dampak positif terhadap perkembangan siswa. Dalam ranah pendidikan, komunikasi bukan hanya sekedar pertukaran informasi, tetapi juga merupakan kunci untuk membangun interaksi yang berarti antara guru dan siswa, serta memperkaya proses belajar-mengajar.