Mohon tunggu...
Alfyn M Cahyo
Alfyn M Cahyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pekenalkan saya alfyn m cahyo a saya merupakan mahasiswa semester 8 disini saya ingin menggunakan kompasiana untuk memenuhi tugas saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemberian Sosialisasi Branding UMKM di Social Media kepada Masyarakat di Desa Ngasem oleh PMM Bhaktiku Negeri Gelombang 4 Kelompok 31

27 Februari 2024   09:32 Diperbarui: 27 Februari 2024   09:49 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan suatu agenda yang wajib dilakukan bagi semua mahasiswa yang sedang aktif di Universitas tersebut. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa kepada Masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh kelompok 31 gelombang 4 pada tanggal 19 Januari 2024. PMM ini menjadi sasaran bagi para mahsiswa untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada Masyarakat, kegitan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Pentingnya sebuah branding dan kemasan suatu produk guna meningkatkan minat masyrakat terhadap suatu produk. Maka, tim PMM BHAKTIKU NEGERI kelompok 31 Gelombang 4 UMM mengadakan sosialisasi untuk para pelaku UMKM ( Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ) di desa Ngasem, Date (tgl 7, 8 dan 12 Februari 2024).

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Salah satu pembicara dalam acara sosialisasi tersebut, Pradipta Akbar Sudrajad mengatakan bahwa dengan adanya upaya branding serta adanya akun sosial media produk UMKM yang ada di Desa Ngasem tersebut dapat membuat setiap produk yang dijual dapat terlihat lebih dikenal dan menarik serta mempunyai nilai jual lebih. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut tim PMM BHAKTIKU NEGERI Kel 31 UMM memberikan informasi kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya branding pada suatu produk. Selain itum Tim PMM Kel 31 UMM juga membuat contoh design logo dan sosial media untuk UMKM yang ada di Desa Ngasem yakni usaha keripkik Tempe.

Dipta berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membuat beberapa usaha yang ada di Desa Ngasem bisa menjadi lebih berkembang dengan cepat dan bisa membantu mengangkat perekonomian pemilik usaha dan masyarakat Desa Ngasem, "Apalagi di massa pandemi seperti para UMKM mengalami penurunan pendapatan. Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap membantu meningkatkan pendapatan masyarakat itu". Tuturnya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun