Mohon tunggu...
Alfrida Dianty
Alfrida Dianty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Musik, Film, dan hiburan menarik lainnya menjadi hal yang saya sukai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membuka Diri dengan Komunikasi

19 Februari 2024   07:00 Diperbarui: 19 Februari 2024   07:12 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi, saya dihadapkan pada tantangan untuk mahir dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan public speaking.

Sebelum memasuki dunia Ilmu Komunikasi, saya adalah seseorang yang cenderung pemalu, kurang percaya diri, dan menghindari situasi di mana saya harus berbicara di depan umum.

Namun, bergabung dengan program Ilmu Komunikasi telah mengubah paradigma saya secara drastis. Selain meningkatkan kemampuan public speaking, saya juga mengalami peningkatan dalam komunikasi interpersonal. Sekarang, saya mampu memahami strategi-strategi untuk mengelola dialog, membawa percakapan ke arah yang saya inginkan, dan memengaruhi pendapat orang lain.

Perspektif saya terhadap dunia juga mengalami perubahan signifikan. Sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi, saya mulai melihat kehidupan dari sudut pandang yang berbeda. Saya menyadari betapa pentingnya pertukaran informasi dalam berbagai aspek kehidupan. Saya juga memahami bahwa setiap bidang kehidupan memiliki aspek komunikasi yang unik, mulai dari komunikasi intrapersonal yang melibatkan dialog dengan diri sendiri, hingga komunikasi interpersonal, komunikasi massa, dan lebih banyak lagi.

Meskipun banyak yang menganggap Ilmu Komunikasi sebagai ilmu yang mudah, bagi saya, itu adalah tantangan yang besar. Komunikasi membuka pintu ke dunia yang sebelumnya tidak saya kenal, memungkinkan saya melihat sisi-sisi baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Tentu, Ilmu Komunikasi merupakan bidang yang sangat luas dan menarik. Beberapa hal menarik yang bisa Anda kembangkan dari Ilmu Komunikasi antara lain:

1. Pemahaman tentang Komunikasi Antarbudaya

Dalam era globalisasi seperti sekarang, pemahaman tentang budaya dan cara berkomunikasi yang berbeda menjadi sangat penting. Ilmu Komunikasi dapat membantu Anda memahami perbedaan budaya dan bagaimana hal tersebut memengaruhi komunikasi antarbudaya.

2. Keterampilan Negosiasi

Komunikasi adalah kunci dalam proses negosiasi. Dalam Ilmu Komunikasi, Anda dapat belajar tentang strategi negosiasi yang efektif, termasuk bagaimana membaca kebutuhan dan keinginan pihak lain serta mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun