Abstrak
Komunikasi politik adalah proses penyampaian pesan kepada publik. Pesan politik dapat berupa informasi, pendapat, atau ajakan untuk bertindak. Mempengaruhi publik secara langsung maupun tidak langsung adalah tujuan dari komunikasi politik. Komunikasi politik dapat dilakukan melalui berbagai saluran, termasuk media sosial. Meningkatnya peran media sosial merupakan perubahan signifikan dalam komunikasi politik di era saat ini. Media sosial memungkinkan para aktor politik berkomunikasi secara langsung dengan publik tanpa menggunakan media massa konvensional, yang memungkinkan mereka untuk menyampaikan pesan politik mereka secara lebih interaktif dan personal. Meningkatnya peran publik adalah perubahan lain dalam komunikasi politik di era modern. Strategi komunikasi politik dapat diukur dengan melihat sejauh mana pesan politik tersebut dapat diterima dan dipahami oleh publik. Strategi komunikasi politik mempunyai tujuan untuk mengumpulkan suara. Publik sekarang memiliki akses yang lebih besar terhadap informasi dan lebih aktif dalam menyuarakan pendapat mereka. Seperti halnya PDIP dalam praktik komunikasi politik yang dilakukan dimedia sosial diliput oleh jurnalis dalam youtube melakukan pengesahan cawapres pilihan dalam tujuan memenangkan pilpres 2024.
LATAR BELAKANG
Pemilihan umum adalah metode demokrasi yang berfungsi sebagai ajang untuk menunjukkan kedaulatan rakyat. Dalam negara yang dikenal sebagai demokratis, pemilu yang notabene menggambarkan suara Orang-orang menjadi penentu untuk keberlanjutan bangsa untuk memilih jalan hidup dan tujuan sebuah negara. Suara-suara ini akan dibantu oleh partai politik yang mengikuti pemilu wakil rakyat. Hal ini sejalan dengan bunyi Pasal 1 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 amandemen keempat yaitu: “kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilakukan menurut undang-undang dasar”. Hal ini sejalan dengan bunyi pasal 1 ayat 2 Undang-Undang dasar 1945 amandemen keempat yaitu: “kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilakukan menurut undang-undang dasar.
Praktik proses sistem demokrasi, para calon bersaing untuk mendapatkan suara serta hampir semua orang dewasa hak untuk memberikan suara (Pattiasina STISIP Kebangsaan Masohi Jln Jend Soedirman No, 2015.). banyaknya partai politik dapat menyebabkan persaingan sengit antar partai politik untuk mendapatkan suara pemilih.agar bersaing untuk mendapatkan kursi di pemerintahan. Kesuksesan partai dalam perolehan suara, menunjukkan bahwa besarnya dukungan dan kepercayaan yang diberikan rakyat melawan individu tersebut. Bertujuan untuk memenangkan kompetisi di ajang pemilu, Para peserta saling bersaing. dengan menggunakan berbagai strategi untuk komunikasi politik yang efektif. (Alfiyani, 2018).
Komunikasi politik yang dilakukan tentunya sesuai dengan sistem politik Indonesia saat ini. Oleh karena itu, komunikasi yang dilakukan oleh partai politik mau tidak mau akan mempengaruhi atau dipengaruhi sistem politik. Almond dan Powell menganggap komunikasi politik sebagai fungsi politik bersama-sama dengan fungsi artikulasi, agregasi, sosialisasi, dan rekrutment yang terdapat dalam suatu sistem politik (Alfiyani, 2018). Komunikasi politik merupakan bagian utama dari sosialisasi politik dan budaya politik. Oleh karena itu, komunikasi politik merupakan bagian dari sosialisasi politik dan budaya politik. Fokus analisis sistem politik adalah struktur yang melaksanakan fungsi politik dan cara komunikasi dilakukan(Muchtar et al., 2016).
Pesan politik yang disampaikan komunikator politik sangat terkait dengan tujuan komunikasi politik. Tujuan komunikasi politik adakalanya hanyalah menyampaikan informasi politik, membuat gambaran politik, atau membuat pendapat publik. Hal ini bergantung pada tujuan komunikasi. Dalam rangka meningkatkan partisipasi politik saat menjelang pemilihan umum, komunikasi politik juga bertujuan untuk menarik simpati khalayak. Strategi komunikasi suatu partai dapat menentukan kemenangan mereka atau kekalahan mereka
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah salah satu partai yang ada dalam jajaran partai politik di dalam pemilihan umum sebagai salah satu partai politik yang paling terkenal, juga bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan politik kepada anggota masyarakat dan simpatisan serta pendekatan komunikasi politik yang digunakan harus tepat sasaran., bergerak ke lapangan politik untuk berpartisipasi dalam pengaturan ketatanegaraan. Untuk memastikan bahwa perolehan suara yang diperoleh partai sesuai dengan keinginan partai dan mencapai tujuan untuk memenangkan capres dan cawapres di tahun 2024 mendatang.
Tulisan ini akan membahas mengenai komunikasi politik PDIP dalam menyampaikkan pesan kepada media mengenai pengesahan cawapres Mahfud md melalui youtube yang diliput media jurnalis dari program Tv.
TINJAUAN PUSTAKA
Partai Politik
Sigmund Neuman mengatakan bahwa partai politik adalah kumpulan tindakan politik yang berusaha untuk menguasai kekuasaan pemerintahan. merebut dukungan rakyat melalui persaingan dengan suatu kelompok lain atau golongan lain yang memiliki perspektif yang berbeda. (Pattiasina STISIP Kebangsaan Masohi Jln Jend Soedirman No, 2015.). Selain itu, pengertian partai politik menurut Undang-Undang No. 31 Tahun 2002 Republik Indonesia dinyatakan bahwa “Partai politik adalah organisasi politik yang dibentuk oleh sekelompok warga negara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita untuk memperjuangkan kepentingan anggota, masyarakat, bangsa dan negara melalui pemilihan umum”.
Partai politik menurut Hagopian dalam Amal, didirikan untuk mempengaruhi sifat dan bentuk kebijaksanaan masyarakat dalam konteks nilai-nilai dan relevansi ideologis tertentu menggunakan kekuatan secara langsung atau partisipasi publik dalam pemilihan. Pandangan Hagopian lebih menekankan kepentingan partai politik. Fokus ditekankan dalam kepentingan ideologis atau menanamkan ideologis melalui otoritas dalam pemerintahan dan juga partisipasi umum dalam pemilihan.
Dari definisi-definisi yang dijelaskan, dapat disimpulkan partai politik adalah organisasi warga negara yang memiliki tujuan untuk merebut atau mempertahankan kekuasaan terhadap pemerintahan melalui proses pemilihan umum untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati oleh seluruh anggota partai.
Strategi Komunikasi Politik
Strategi komunikasi politik adalah kunci keberhasilan setiap aktor politik dalam mengubah hasil yang dihasilkan. Strategi komunikasi politik adalah pedoman untuk perencanaan dan tanggung jawab dalam mencapai tujuan, untuk mencapai tujuan dari strategi komunikasi politik, menunjukkan operasinya secara taktik harus dilakukan, dengan kata lain bahwa pendekatan bisa berubah sewaktu-waktu, bergantung pada situasi dan kondisi. Strategi dan perencanaan untuk komunikasi politik tidak hanya untuk menemukan jalan dari aktivitas komunikasi politik namun juga mendapat dukungan dari masyarakat secara politik (Widarwati, 2020).
Strategi komunikasi politik mengacu pada proses komunikasi yang terjadi untuk mencapai pemenangan partai politik dalam satu pertarungan oleh partai politik, berkomunikasi dalam perlombaan politik, atau secara langsung oleh calon legislatif atau calon pimpinan daerah yang menghendaki kekuasaan dan pengaruh sebesar-besarnya di antara konstituennya (Abdullah 2008).
Kemudian definisi dari Abdullah menurutnya strategi komunikasi politik adalah rencana yang meliputi Teknik, metode dan faktor-faktor dari proses komunikasi dalam melakukan kegiatan operasional antara unsur-unsur dalam mencapai tujuan dan sasaran. Faktor-faktor dari proses komunikasi politik adalah meliputi:
- Komunikator Politik Komunikator politik adalah Partisipan yang dapat menyampaikan atau memberikan informasi tentang hal-hal yang memiliki makna atau bobot dalam berpolitik.
- Pesan Politik Pesan politik adalah pernyataan yang disampaikan secara tertulis atau tidak tertulis, verbal maupun non-verbal, tersembunyi maupun terang-terangan, dan yang disadari atau tidak disadari mengandung isi politik. Yaitu agar setiap pesan politik yang disampaikan dapat dimengerti oleh setiap anggota ataupun masyarakat.
- Saluran atau media politik Media politik adalah alat yang digunakan oleh komunikator politik untuk menyampaikan pesan politik mereka. Setiap media politik menampilkan setiap kegiatan atau pesan yang ingin disampaikan oleh partai politik.
- Sasaran atau target politik adalah anggota masyarakat yang diharapkan dapat memberikan dukungan mereka kepada partai atau kandidat dalam Pemilihan yang akan datang dengan memberikan suara mereka.
- Pengaruh atau Efek Komunikasi Politik adalah terciptanya pemahaman perkembangan pengetahuan tentang sistem pemerintahan dan partai politik akan berdampak pada pemilihan umum.
Perencanaan strategi komunikasi politik tidak hanya dilsaksanakan oleh aktor politik saja, melainkan dari pihak tim sukses membantu berjalannya penerapan strategi politik. Strategi komunikasi politik dalam peresmian Mahfud md sebagai cawapres merupakan suatu strategi untuk mendapat suara dalam partisipasian kontestasi pemilu, dengan identitas Mahfud md dapat mendorong dalam mencapai memenangkan kontestasi pemilu, dengan profil serta pengalaman dibidang hukum di Indonesia merupakan seorang mentri polhukam di Indonesia saat ini, diharapkan dapat menggapai partisipan suara Masyarakat di kontestasi pemilu 2024
Metode Penulisan
Dalam artikel ini, metode penulisan yang dikenal sebagai "riset pustaka" digunakan, yang berarti hanya merujuk pada sumber perpustakaan dalam mendapatkan data penelitian. karenanya Fokus penelitian ini terbatas pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa bergantung pada penelitian lapangan (Amanu & Evanne, 2021.).
Metode studi kepustakaan dianggap tepat digunakan untuk menganalisis dan memecahkan rumusan masalah. artikel ini bersifat analisis deskriptif yaitu maksudnya dengan cara data yang telah diperoleh diuraikan, dianalisis serta diberikan penjelasan agar memberikan pemahaman terhadap data yang telah diperoleh(Nofiard, 2022).
Data sekunder artikel ini didapat dari pengamatan penulis melalui informasi yang disajikan di youtube pada Youtube channel @KOMPAS TV dengan judul channel tersebut Detik-Deti Megawati Soekarnoputri Deklarasi Mahfud MD jadi Cawapres Ganjar Pranowo yang tayang pada tanggal 18/10/2023, serta artikel lain seperti bbc indonesia yang memuat peresmian cawapres dari capres 03 ganjar pranowo tersebut.
Hasil dan Pembahasan
Komunikasi politik adalah proses komunikasi yang dilakukan komunikator politik dalam menyampaikan pesan politik kepada komunikan melalui media untuk mencapai kepentingan politik mereka. Proses ini termasuk input untuk mengetahui hasil yang diharapkan dari sistem politik yang dipilih (Nofiard, 2022). Pesan politik adalah komponen paling penting dari proses komunikasi politik.
Komunikator bekerja untuk mencapai tujuan politik dengan pesan politik ini. Media berfungsi sebagai jalur komunikasi antara komunikator dan komunikan untuk menyampaikan pesan politik. Saluran komunikasi ini menciptakan ruang publik, yang kemudian digunakan untuk berbicara tentang politik dan mencapai konsensus. Karena fiturnya yang lebih independen, media digital dianggap lebih cocok untuk menyampaikan pesan politik. Ini dianggap lebih efektif daripada menggunakan media cetak atau televisi karena lebih praktis dan efisien tanpa harus mengundang banyak orang (Nofiard, 2022).
Salah satu bentuk komunikasi politik, saat pertarungan pilpres 2019, Ir. H. Joko Widodo secara mengejutkan mengumumkan bahwa KH Ma’ruf Amin akan menjadi pendampingnya sebagai calon wakil presiden, yang merupakan salah satu bentuk komunikasi politik yang telah ditunjukkan kepada masyarakat umum. Baru-baru ini diketahui bahwa keputusan Ir. H. Joko Widodo untuk memilih KH Ma’ruf Amin sebagai komunikasi politiknya, yaitu melalui branding pribadi KH Ma'ruf Amin sebagai figur besarnya agama Islam dalam masyarakat Indonesia. Ternyata teknik ini dievaluasi sebagai efektif dan berhasil dalam menarik simpati dari anggota masyarakat Islam di Indonesia, serta pasangan calon presiden dan wakil Presiden ini memenangkan kontestasi politik pada pemilihan presiden 2019 (Mujab & Irfansyah, 2020)
Dalam ruang lingkup pembahasan peresmian Mahfud Md sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo yang akan mewakili partai pdip yang bertujuan untuk memenangkan pilpres 2024, Komunikasi politik terutama dalam kajian faktor-faktor komunikasi politik, pembahasan ini mencakup; komunikator politik; yang menjadi komunikator politik dalam penulisan ini ialah Megawati Soekarnoputri sebagai yang menyampaikan pesan politik dan sebagai ketua umum dari PDIP. Pesan politik; yang disampaikan dalam isi pesan politik mengenai deklarasi dari bakal cawapres dari Ganjar Pranowo yaitu Mahfud Md yang sebelumnya menjabat sebagai Mentri Polhukam dan serta mentri komunikasi dan informatika. Saluran atau media dalam penyampaian komunikasi politik ini; Ialah melalu media digital yaitu youtube melalui media Kompas Tv sebagai penyampaian deklarasi cawapres dari Ganjar Pranowo. Sasaran dan target dari komunikasi politik; Masyarakat luas agar mendapatkan dukungan dari pendeklarasian cawapres dari Ganjar Pranowo. Efek komunikasi politik yang ditimbulkan; efek yang ditimbulkan dari komunikasi politik ini memunculkan reaksi dari Masyarakat terutama pendukung Ganjar Pranowo dapat dilihat dari reaksi komentar positif yang ada pada youtube Kompas Tv tentang pendeklarasian yang dilakukan megawati Soekarno Putri.
Sosok Mahfud MD merupakan seorang yang mempunyai kapabilitas sehingga kerap kali dipercaya untuk mendampingi calon pemimpin di Indonesia. memiliki pengalaman di bidang eksekutfi, legislatif, dan yudikatif di Indonesia diungkap oleh megawati soekarnoputri mantan presiden RI ke-5 (dalam artikel bbc). Gaya komunikasi pimpinan yang dilakukan Mahfud MD menjadi unsur untuk membangun citra baik dirinya baik kepada pimpinannya maupun kepada publik sebagaimana Mahfud MD dapat melakukan fungsinya serta mempengaruhi SDM pada kementerian koordinasi Polhukam agar dapat bergerak maju. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan bahwa gaya komunikasi kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemimpinannya dan bagaimana pemimpin dapat dilihat oleh bawahannya yang berusaha dipimpinnya, atau invidu yang mengamati dari luar. Untuk itu, dalam konteks Mahfud sebagai aktor politik gaya kepemimpinan harus mencerminkan perilaku dan strategi, yang diterapkan seorang pemimpin dalam mempengaruhi masyarakat ataupun kinerja dan kemajuan suatu negara.
Pemilihan Mahfud Md sebagai cawapres dari ganjar bertujuan agar dapat memenangkan pilpres 2024 mendatang, dengan Mahfud MD dan Ganjar Pranowo dapat menarik dukungan dari berbagai kalangan, termasuk dari basis massa Nahdlatul Ulama (NU), yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia. Mahfud MD sendiri berasal dari NU dan memiliki hubungan baik dengan para ulama dan kiai2. Ganjar Pranowo juga memiliki elektabilitas yang tinggi di Jawa Tengah, yang merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia. Sedangkan Mahfud md memiliki elaktabillitas yang tinggi didaerah jawa timur
Mahfud MD dan Ganjar Pranowo dapat menjadi pasangan yang harmonis dan kompak, karena mereka memiliki latar belakang yang berbeda namun saling melengkapi. Mahfud MD memiliki keahlian di bidang hukum dan keamanan, sedangkan Ganjar Pranowo memiliki keahlian di bidang pemerintahan dan pembangunan. Mereka juga memiliki kepribadian yang ramah, santun, dan humoris, yang dapat menarik simpati dari masyarakat.
Kesimpulan dan saran
Kesimpulan: Pendeklarasian Mahfud MD sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo adalah langkah yang strategis dan cerdas untuk memenangkan pemilu 2024. Mahfud MD memiliki pengalaman, wawasan, dan reputasi yang baik di bidang hukum dan politik. Ia dapat membantu Ganjar Pranowo menyelesaikan masalah-masalah bangsa, terutama di bidang hukum dan keamanan. Mahfud MD juga dapat menarik dukungan dari basis massa NU, yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia. Mahfud MD dan Ganjar Pranowo memiliki visi yang sejalan untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera. Mereka juga memiliki kepribadian yang ramah, santun, dan humoris, yang dapat menarik simpati dari masyarakat.
Saran: Membangun narasi yang positif dan konstruktif tentang visi, misi, dan program kerja Mahfud MD dan Ganjar Pranowo. Menghindari isu-isu yang sensitif dan kontroversial yang dapat menimbulkan konflik dan polarisasi. Memanfaatkan media sosial dan digital sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan politik yang menarik dan kreatif. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sesuai dengan karakteristik masing-masing target audiens.
Daftar Pustaka
Alfiyani, N. (n.d.). MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK.
Amanu, H., & Evanne, L. (n.d.). PERAN EFEK KOMUNIKASI POLITIK DALAM KEKISRUHAN DI PARTAI DEMOKRAT (Vol. 1, Issue 1).
Damayanti, N., & Santoso, P. Y. (2017). Strategi Marketing Politik Pasangan Jokowi–Jusuf Kalla pada Pemilihan Presiden 2014. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 1(01).
Muchtar, K., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2016). Komunikasi Politik dan Pembentukan Citra Partai. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 14, Issue 2). halaman.
Mahfud MD resmi menjadi bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo - BBC News Indonesia
Mujab, S., & Irfansyah, A. (2020). Komunikasi Politik Identitas K.H. Ma’ruf Amin sebagai Strategi Depolarisasi Agama pada Kontestasi Demokrasi Pilpres 2019. Warta ISKI, 3(01), 54–66. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.46
Nofiard, F. (2022). Komunikasi Politik Digital di Indonesia. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 10(2), 31. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v10i2.7548
Pattiasina STISIP Kebangsaan Masohi Jln Jend Soedirman No, H. Y. (n.d.). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PDI PERJUANGAN KABUPATEN MALUKU TENGAH PADA PEMILU 2014 POLITICAL COMMUNICATION STRATEGY PDI PERJUANGAN IN ELECTION CENTRAL DISTRICT MALUKU 2014.
Ulfa, S., & Warsono, W. (2022). STRATEGI CALON WALIKOTA SURABAYA 2020 ERI CAHYADI DAN ARMUJI DALAM MEMENANGKAN PILWALI DI SURABAYA. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 10(3), 492-507.
Widarwati, D. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK M. MIFTAH DALAM PEMENANGAN PEMILU 2019 DI SALATIGA. In Jurnal An-Nida (Vol. 12, Issue 2). https://www.pkb.
Wulandari, Y. Civil Society Dan Kekuatan Politik Studi atas Dukungan Nahdlatul Ulama terhadap Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019 di Kota Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H