Mohon tunggu...
Alfirman
Alfirman Mohon Tunggu... Wiraswasta - Karyawan Swasta / Aktivis kesehatan seksual

Saya adalah seorang yang peduli dengan kebebasan hak asasi manusia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

3 Tempat Wisata Sleman yang Wajib di Kunjungi

24 Februari 2023   23:51 Diperbarui: 24 Februari 2023   23:52 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

1. Isi/subtansi Infografis

Kali ini wisata pendidikan menjadi pilihan tema yang menarik bagi saya berfokuskan di pemasaran dan promosi, saya memilih beberapa tempat wisata yang unik dan jarang tersekpose seperti Sindu Kusuma Edu Park, Taman Konservasi Sato Loka, dan Wisata Edukasi Gerbang Park Wedomartani. Secara umum tempat wisata ini belumlah terkelola dengan maksimal khususnya Wisata Edukasi Gerbang Park Wedomartani. infogarfis dengan judul " 3 Tempat Wisata Sleman yang Wajib Kamu Kunjungi". dan dengan slogan

"#BiarMakinPintar" , saya mencoba memberikan informasi terkait hari operasional, harga tiket masuk, website tempat wisata, spot dan hal menarik yang ada di tempat wisata, dan gambar yang menarik bagi wisatawan yang hendak berlibur.

2. Proses Pembuatan Infografis

Melihat tinggi nya wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan hanya berpusat di pusat kota, membuat saya memikirkan suatu gagasan atau ide baru. Bagaimana caranya agar wisata-wisata lokal yang tidak atau belum banyak diketahui oleh khalayak umum dapat bersaing dan berkembang, guna pemasukan masyarakat di sekitar lokasi wisata hingga pendapatan daerah Sleman itu sendiri. Mulai dari riset lokasi-lokasi wisata edukasi di Sleman, bermodalkan pencarian di Google, media sosial seperti Instagram, hingga mewawancarai beberapa kawan yang pernah berkunjung ke tempat tersebut. Setelah pencarian dan mendengar cerita yang ada, saya tertarik mendatangi lokasi-lokasi wisata edukasi yang ada di Sleman. Pada akhirnya tiga tempat lokasi wisata yang saya jadikan fokus di Infografis inilah sebagai pilihan paling menarik dan berpotensi menjadi lokasi wisata yang paling diminati di masa mendatang.  apabila di promosikan dengan gencar dan di perbaiki sistem pengelolaannya.

3. Ulasan bagaimana kegiatan Jurnalisme Kebangsaan dapat membantu pembuatan Infografis

Kegiatan Jurnalisme Kebangsaan memiliki peran penting dalam pembuatan Infografis ini. Mulai dari bagaimana cara mendisign, memilih kata, menyusun kalimat, agar menjadi suatu papan informasi yang menarik, saya pelajari benar saat kegiatan Jurnalisme Kebangsaan ini yang awalnya tata bahasa baku dalam membuat konten kurang saya kuasai menjadi lebih baik setelah saya mengikuti kegiatan ini. Begitupun dengan mendesign menggunakan platform online, kemampuan saya lebih berkembang.

4. Pengalaman selama mengikuti kegiatan Jurnalisme Kebangsaan

Selama mengikuti kegiatan Jurnalisme Kebangsaan, saya merasa sangat bersemangat, mempelajari hal yang belum saya pelajari selama di bangku sekolah dan merasa mendapat ilmu baru yang sangat bermanfaat, guna menambah skill yang akan menjadi bekal saya di masa mendatang. Meskipun kegiatan bersifat online, hal tersebut tidak mengurangi antusias dan minat saya agar tetap fokus dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun