SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Alfira Nur Septianingsih
Â
SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta semula didirikan oleh Pengurus Muhammadiyah ranting Notoprajan (H.Moh. Djazim, Sijaj, MA, Khamdani, H.jalal Mas'oed, S.Saring, Mahmud Abdul Ghani, H.Marsudi, RS) pada tanggal 14 Juli 1951 dengan nama SMP Muhammadiyah 3 Wirobrajan dengan kepala sekolah H. Darwis Syafi'I yang memiliki 60 murid putra dan putrid. Status sekolah swasta penuh yang menempati tanah seluas 1183 m2.
Sebelum SMP Muhammadiyah Wirobrajan berdiri, telah berdiri terlebih dahulu tiga sekolah SMP Muhammadiyah di Kotamadya Yogyakarta yakni SMP Muhammadiyah Putra di Purwodiningratan yang oleh pengurus Muhammadiyah bagian pengajaran nama sekolah diubah SMP Muhammadiyah I Putra, SMP Muhammadiyah II Putri, dan SMP Muhammadiyah III siang di Purwodiningratan.Pada saat sekolah Muhammadiyah diberi nama sesuai dengan nomor urut berdirinya, maka SMP Muhammadiyah Wirobrajan diberi nama SMP Muhammadiyah IV Wirobrajan..
Pada tanggal 1 Agustus 1959 ada usaha merintis pengembangan sekolah dengan menambah ruang kelas baru dan ruang Tata Usaha sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa sehingga status sekolah berubah menjadi sekolah swasta berbantu.
Magang di SMP mungkin tidak umum dilakukan oleh para mahasiswa, karena biasanya program magang lebih sering terjadi di tingkat perguruan tinggi atau setidaknya di tingkat SMA. Namun, saya dan teman-teman saya memiliki kesempatan untuk melakukan magang di SMP terutama di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta, itu bisa menjadi pengalaman yang berharga bagi kita untuk kedepannya.
Magang di MUGA dapat memberikan saya pemahaman yang lebih baik tentang dunia pendidikan dasar. Yang  bisa dilihat secara langsung bagaimana kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di tingkat ini, dan apa saja yang harus kita lakukan sebagai guru dalam mendidik siswanya.
Ketika kita diberi tanggung jawab untuk membantu guru dalam persiapan pembelajaran, mengajar kelompok kecil, atau membantu siswa yang membutuhkan dukungan tambahan disitu saya benar-benar merasakan Tingkat kesabaran guru itu diuji dari siswanya dan sebagaimana kita bisa mengontrol emosi kita terhadap anak yang susah di atur.
Dari magang ini saya dapat mempelajari keterampilan baru terkait pengelolaan kelas, berkomunikasi dengan siswa, atau bahkan dalam memilih instrument yang tepat digunakan untuk saya Ketika saya menjadi guru nanti. Dan dari sini kita bisa melihat gambaran untuk membuat RPP, Silabus, SD KD yang tepat dan benar. Melalui magang, saya dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia kerja, dan tugas-tugas yang terlibat dalam berbagai bidang.
Berpartisipasi dalam magang, saya dapat meningkatkan kepercayaan diri karena mendapatkan pengalaman langsung dalam berbagai tugas dan tanggung jawab. Magang dapat membantu saya memahami lebih baik minat dan bakat, sehingga dapat membantu saya dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait pilihan karir di masa depan.