Mohon tunggu...
ALFIAN DIAN MARTHA FIRDAUSI
ALFIAN DIAN MARTHA FIRDAUSI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

hai! namaku alfian dian dari Kab Ponorogo, saya memiliki hobby bermain game dan bermain futsal untuk mengisi waktu luang saya, saat ini saya menjadi mahasiswa di Universitas Airlangga yang menjadi top #4 se Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Kunci Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia

4 Januari 2025   23:04 Diperbarui: 4 Januari 2025   22:23 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kunci Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia

            Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat. Salah satu aspek penting yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan adalah komunikasi kesehatan. Komunikasi yang efektif antara tenaga kesehatan, pasien, dan masyarakat merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan.

            Dengan adanya komunikasi yang baik antar pasien dan tenaga kerja kesehatan maka akan menciptakan ekosistem Kesehatan yang mempu untuk mempermudah menyelesaikan masalah yang dialami oleh pasien dan akan mempermudah tenaga kesehatan untuk membantu melayani masyarakat umum.

            Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan merupakan prioritas utama untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis dan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Latar Belakang

            Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan dalam menyediakan pelayanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat. Beberapa indikator kesehatan menunjukkan bahwa Indonesia masih belum mencapai target yang diharapkan

            Kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia masih belum memuaskan. Menurut data Kementerian Kesehatan RI (2022), angka kematian ibu dan anak masih tinggi, serta prevalensi penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi terus meningkat. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan pencegahan penyakit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan.

            Kualitas pelayanan yang rendah dapat mengakibatkan beberapa kesalahan seperti, kesalahan diagnosis, kesalahan pengobatan, biaya kesehatan yang tinggi, kualitas hidup yang rendah, produktivitas yang rendah.

            Komunikasi kesehatan yang efektif dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan dan pencegahan penyakit. Dengan demikian, masyarakat dapat membuat keputusan yang tepat tentang kesehatan mereka dan mengurangi risiko penyakit serta menguntungkan kedua belah pihak. Selain itu, komunikasi kesehatan juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan mengurangi kesalahan diagnosis dan pengobatan.

Hambatan Komunikasi Kesehatan di Indonesia

            Beberapa hambatan komunikasi kesehatan di Indonesia antara lain:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun