Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Takut ATM "Ketelen"? Manfaatkan Fasilitas Transaksi Tanpa Kartu

5 Juli 2021   08:18 Diperbarui: 5 Juli 2021   08:19 982
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mesin ATM. Gambar: Peggy_Marco dari Pixabay

Dua kali atm saya "ketelen", dua kali pula saya harus mengurus ke kantor cabang. Hadeh.. dasar saya memang manusia pelupa. Jadi ceritanya saat saya hendak ambil uang di ATM, hanya uangnya saja yang diambil lalu buru-buru pergi. Kartu ATM nya lupa tak diambil. Untung saja tidak disalahkan gunakan oknum takbertanggung jawab. Apakah anda pernah seperti saya?

Wait, mungkin tidak semua pembaca tahu apa maksud kartu "ketelen". Sekalipun istilah ini sudah sangat lazim dipakai ditempat saya. Ketelen itu berasal dari kata telan. Artinya tidak sengaja kartu ATM tersebut "tertelan" oleh mesin ATM karena beberapa saat tidak diambil oleh pemiliknya. Guna keamanan nasabah, mesin ATM memang memiliki fitur demikian. Lalu otomatis oleh sistem bank kartu yang ketelen itu buru-buru diblokir. Parahnya, saya tidak langsung menyadari bahwa kartu ATM saya tertelan. Seringnya dua atau tiga hari kemudian saat ingin bertransaksi lagi di ATM saya sadar bahwa kartu ATM saya tidak ada. Cepat-cepatlah saya ke bank. Mengurus kartu yang tertelan untuk kemudian mendapatkan kartu ATM yang baru. Untung saja untuk kepengurusan kartu ATM ini tidak rumit.

Nah, bagaimana langkah pencegahan supaya hal tersebut tidak terulang kembali? Jawabannya adalah mari kita manfaatkan fitur transaksi tanpa kartu. Rasanya seluruh bank sudah memfasilitasi fitur tersebut demi kenyamanan nasabah.

Saya sendiri memiliki 4 akun rekening dari bank BCA, Permata, CIMB Niaga, dan Maybank. Mohon maaf rekening sebanyak itu bukan untuk gaya-gayaan ya. Tetapi ada peruntukkannya masing-masing. Maybank untuk KPR. Permata dan CIMB untuk payroll (dulunya payroll menggunakan CIMB sebelum beralih ke Permata). Sedangkan BCA merupakan payroll terdahulu. Memiliki 4 rekening membuat saya cukup memahami fasilitas perbankan.

Dari keempat bank tersebut saya menggunakan fasilitas mobile banking (m-banking). Semuanya sudah dilengkapi fitur transaksi tanpa kartu. Fasilitas ini sangat membantu manusia pelupa seperti saya guna mencegah kartu ATM tertelan. 

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup mudah kok.

Pertama, anda tinggal mengunduh aplikasi m-banking sesuai bank. Misalnya untuk CIMB memiliki fasilitas m-banking dengan nama OCTO Mobile. BCA memiliki aplikasi bernama BCA Mobile. Maybank dengan nama Maybank 2U. Dan seterusnya. Berikut saya sajikan salah satu contoh aplikasinya.

Aplikasi m-banking dari CIMB Niaga di playstore. Gambar: tangkapan layar Octo mobile via playstore.
Aplikasi m-banking dari CIMB Niaga di playstore. Gambar: tangkapan layar Octo mobile via playstore.

Kedua, aktifkan fasilitas m-banking anda di kantor cabang terdekat. Karena pentingnya verifikasi data agar tidak disalahgunakan, maka untuk aktivasi m-banking memang tidak bisa dilakukan sendiri.

Ketiga, buka aplikasi m-banking anda. Cari pilihan "transaksi tanpa kartu".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun