Pernahkah anda menemukan mesin motor yang masih menyala padahal sudah dalam kondisi terparkir?
Atau mungkin anda sendiri pernah meninggalkan motor dalam kondisi masih hidup karena lupa mematikan mesin?
Dalam situasi lain, anda mungkin sering menemukan pengendara motor bebek yang lupa menaikkan standar samping saat kondisi motor jalan bukan?Â
Pabrikan motor nampaknya menangkap potensi-potensi merugikan ini lalu melengkapi produknya dengan fitur yang dapat mencegah semua itu terjadi.
Ya, bagi para pengguna motor matik utamanya Honda pastinya tak asing lagi dengan fungsi standar samping yang bisa mematikan mesin secara otomatis saat diturunkan. Selain mematikan mesin secara otomatis, mesin tidak dapat menyala ketika standar samping masih dalam kondisi turun. Dari pabrikannya, fitur ini dinamakan side stand switch. Fitur ini dimaksudkan untuk memenuhi aspek safety (keamanan) agar pengendara motor tidak lupa menaikkan standar samping. Lupa menaikkan standar samping itu bisa berakibat fatal bukan? Bisa juga dimaksudkan supaya para biker yang sering lupa mematikan mesin motor saat parkir tidak kuatir lagi.
Bagaimana cara kerja side stand switch?
Pada bagian side stand switch itu ada yang berhubungan langsung dengan ECM (Engine Control Module). Lalu dari ECM nanti akan memutus pengapian kalau standar samping turun sehingga motor tidak dapat menyala.
Jangan biasakan menggunakan standar samping untuk mematikan mesin motor
Karena fungsi utamanya sebagai safety, maka untuk para bikers jangan menjadikan kebiasaan mematikan mesin dengan standar samping.Â
Sekali lagi: standar samping bukan berfungsi sebagai engine cut-offf.
Bila anda terbiasa menggunakan standar samping untuk mematikan mesin ternyata akan membuat aki soak.