Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Pentingnya Membangun Kepercayaan dalam Karier

4 November 2020   11:53 Diperbarui: 5 November 2020   01:05 1366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kepercayaan | Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Dua hari yang lalu ada sebuah pesan WhatsApp masuk ke ponsel saya. Sudah 4 tahun lamanya saya sudah tidak pernah berjumpa. Beliau adalah seorang kenalan yang pernah bekerja sama dalam suatu proyek.

"Pagi Pak Fian.. saya Eman dari MB. Masih ingat saya nggak?"
Agak kaget juga ketika beliau mengirim pesan karena sudah lama kami tidak kontak.
"Pagi Pak Eman. Wah bos saya ini.." balas saya.
"Masih di Alba pak?"
"Oh enggak pak. Saya sudah pindah."
"Sekarang dimana pak? Saya lagi butuh bantuan nih"

Pak Eman adalah orang berpengaruh di perusahaannya. Ketika saya masih bekerja diperusahaan yang lama, kami sempat bekerja sama. Saya sebagai supplier beliau. Sebaliknya, beliau merupakan customer saya. Pak Eman melanjutkan penjelasannya. Perusahaannya menjadi pemenang tender proyek besar.

Customernya adalah perusahaan BUMN ternama yang bergerak dibidang minyak dan gas (migas). Tak tanggung-tanggung, nilai proyek tersebut bisa mencapai 20 milyar per bulan. Bukan jumlah yang kecil untuk perusahaan kami.

"Kami ingin membuka peluang kerjasama pak. Namanya kenalan, walaupun sudah resign pasti yang dicari orangnya, bukan perusahaannya. Karena kita sudah percaya." lanjut Pak Eman sambil menyeruput secangkir kopi.

Dulu memang saya koordinator proyek. Saya berinteraksi secara intens dengan beliau. Puji Tuhan proyek tersebut selesai dengan memuaskan. Inilah alasannya beliau mencari saya kembali untuk proyek yang akan ditanganinya.

Trust (kepercayaan) adalah kunci dari semua ini. Saya takpernah mengira bahwa kepercayaan itu akan dibayar dengan harga yang fantastis. Ada potensi order 60 milyar yang bisa diraih dari proyek kerjasama ini. Tentu saja ini akan sangat membantu perusahaan ditengah kondisi keuangan yang terseok-seok akibat dihantam pandemi. 

Kepercayaan merupakan sebuah amanah yang harus dijaga. Dimanapun kita berada. Khususnya didunia kerja. Kepercayaan adalah sebuah hal yang mutlak diperlukan. Bagaimana gaji pegawai akan naik signifikan bila ia tidak dipercaya? Atau bilamana pula pegawai akan naik jabatan bila ia kehilangan kepercayaan?

Definisi kepercayaan (trust)
Kepercayaan adalah semua pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen dan semua kesimpulan yang dibuat oleh konsumen tentang objek, atribut dan manfaatnya. 

--Mowen dan Minor dalam Donni Juni (2017,p.116)  

Kepercayaan adalah keyakinan satu pihak pada reliabilitas, durabilitas, dan integritas pihak lain dalam relationship dan keyakinan bahwa tindakannya merupakan kepentingan yang paling baik dan akan menghasilkan hasil positif bagi pihak yang dipercaya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun