Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tak Pandai Matematika Bukan Berarti Anak yang Bodoh

22 Oktober 2020   17:10 Diperbarui: 3 Juni 2021   08:45 1835
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi orang yang kesulitan pelajaran matematika. Gambar: pixabay

Namanya Abraham. Ia adalah kakak sepupu saya. Mas Abram, demikian saya memanggilnya adalah bungsu dari tiga bersaudara. Ketika SMA dulu, ia masuk disekolah terfavorit di kota kami. Itu adalah SMA unggulan. Dulu belum ada sistem zonasi seperti sekarang. Seperti biasanya ketika menginjak kelas 3 SMA, akan ada penjurusan siswa. (Dulu penjurusan dikelas 3 SMA. Istilahnya juga masih kelas 1,2,3. Tidak seperti sekarang kelas X, XI, XII). Nah, masa penjurusan ini yang menarik.

Di SMA favorit tersebut, dari total 9 kelas dalam satu angkatan, hanya ada satu kelas IPS. 8 kelas lainnya merupakan kelas IPA. Anda yang bersekolah di SMA pasti tahu bahwa ada semacam stigma kalau anak IPA itu berarti anak pandai. 

Sedangkan anak IPS berarti medioker, biasa-biasa saja sampai yang cenderung kurang pandai. Mau jadi dokter? Masuk IPA. Mau jadi insinyur? Masuk IPA. Tidak heran bila kemudian banyak siswa berbondong-bondong ingin masuk IPA.

Baca juga: IPA, IPS dan Kastanisasi Pendidikan di Indonesia

 Apa jangan-jangan karena banyak anak-anak yang sejak kecil ketika ditanya cita-cita selalu jawab ingin jadi dokter ya, hmmm... IPS otomatis sepi peminat. Tetapi mas Abram berbeda, tidak seperti anak-anak lain.

Secara nilai akademik seharusnya ia mampu masuk IPA. Dua kakaknya adalah orang eksak semuanya. Namun mas Abram lebih memilih masuk IPS. Keputusan ini sempat mendapatkan pertentangan dari orang tuanya yang kaget mendengar pilihan mas Abram. Namun mas Abram tetap teguh pada pendiriannya, masuk kelas IPS.

Selepas lulus SMA, Mas Abram melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan ilmu komunikasi. Kemudian ia melanjutkan S2 di jurusan yang sama. Saat ini ia menjadi seorang Kepala program studi (Kaprodi) disebuah universitas swasta terkemuka. Ia kerap diundang menjadi narasumber diseminar-seminar dalam bidang yang ia tekuni. 

Selain mas Abram, ada juga cerita dari kakak kandung saya. Sejak kuliah memang ilmu eksakta kurang menonjol. Nilai Matematika, Fisika, Biologi tidak memuaskan. Ia juga masuk kelas IPS ketika menginjak kelas 3 SMA. Saat ini ia menjadi dosen PNS di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Dan masih banyak cerita sukses dari anak-anak IPS lainnya.

Baca juga: Polemik IPA-IPS dan Jurusan Kuliah

Kelas IPA tidak terlepas dari pelajaran Matematika. Meskipun ada beberapa mata pelajaran lainnya seperti Fisika, Biologi, dan Kimia. Pelajaran Matematika identik dengan berhitung. Setiap anak itu diciptakan unik. Ia mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh anak lain. Ada sebuah dikotomi dalam masyarakat, kalau tak pandai berhitung berarti dia anak bodoh.

Sebaliknya seorang anak dikatakan pintar bila dia pandai dalam berhitung. Realitanya bagaimana? Tidak selalu demikian bukan? Anak yang tidak pandai berhitung bukan berarti bodoh. Ia hanya tidak bakat berhitung. Ketika nilai Matematikanya jelek, sudah dikursuskan pun tetap jelek, jangan mengatakan ini anak bodoh. Ia hanya tidak punya passion disitu. Kemudian mungkin sebagai orang tua anda bilang,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun