Mohon tunggu...
Alfi Zakiyah
Alfi Zakiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tantangan Menjadi Guru BK di Era Digital

5 Juni 2024   11:01 Diperbarui: 5 Juni 2024   11:09 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber Gambar: Kompas.com

Pada saat ini, kita sudah berada di era digital. Dimana era ini berkaitan dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat hingga semua kegiatan dan kebutuhan sehari-hari dilakukan dengan berbantuan digital. Dengan kemajuan yang serba digital hal ini juga memberikan berbagai dampak,  baik positif maupun negatif.


Jika kemajuan teknologi tersebut dikaitkan dengan dunia pendidikan maka kondisi tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi guru BK. Dimana guru BK harus dapat mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, salah satunya yaitu perkembangan aplikasi yang banyak beredar dan tren di kalangan siswa. Oleh karena itu, dengan guru mengikuti perkembangan kemajuan tersebut, guru tidak akan banyak mengalami kendala pada saat menangani siswanya yang berhubungan dengan teknologi.


Selain guru harus dapat mengikuti perkembangan kemajuan yang terjadi di era digital ini guru juga dituntut untuk paham berkaitan dengan teknologi, misalnya saat membuat layanan Bimbingan dan Konseling berbasis digital yang menarik dan mudah diakses oleh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa merasa senang, tertarik dan informasi yang disampaikan guru bisa dipahami dan diterima dengan mudah. Sehingga layanan BK tidak dianggap lagi sebagai layanan yang membosankan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun