Mohon tunggu...
alfatus zainiyah
alfatus zainiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo, saya seorang mahasiswa tertarik dengan media sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Magang sebagai Administrasi Perkantoran di PT PLN NPS

15 Juni 2024   12:35 Diperbarui: 15 Juni 2024   13:29 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Magang merupakan kegiatatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa guna mejadi syarat kelulusan. Pada semester 6, saya mengikuti magang yang dimana sudah di rekomedasikan oleh pihak kampus dan memilih di PT PJBS yang sekarang berubah nama menjadi PT PLN Nusantara Power Services, yang sebelumnya PT PJBS adalah anak perusahaan PT PLN Nusantara Power Services. Saat itu saya ditempatkan di divisi perencanaan dan pengendalian proyek (Rendal Proyek). Di hari pertama, saya diajarkan untuk memonitoring status pembayaran, mencatat dokumen ke buku PR (Purchase Request), merekap BOQ (Bill Of Quantity) dan RAB (Rencana Anggaran Biaya), membuat dokumen untuk kebutuhan vendor dll. Pada minggu pertama, sangat wajar bagi saya yang masih awam untuk terus aktif bertanya kepada pembimbing magang apabila dirasa kurang paham atau mengalami kesulitan. 

Tugas-tugas yang diberikan cukup berhubungan dengan jurusan yang saya ambil seperti merekap BOQ dan RAB. Butuh ketelitian saat perhitungan RAB dan BOQ, saya juga direkomendasikan oleh pembimbing magang untuk mempelajari TKDN secara mandiri, meskipun ada kesulitan, saya cukup memahami poin-poin dari materi TKDN. 

Saya merasa mendapatkan banyak ilmu, pengalaman baru serta melatih mental saya saat mengikuti kegiatan magang di PT PLN Nusantara Power Services ini, dari pengalaman ini, saya merasa termotivasi untuk mengimprove diri agar lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

Kesimpulan dari kegiatan magang ini, yaitu saya mendapatkan banyak hal-hal baru, memberikan banyak ilmu bagi saya serta pengalaman yang sangat berkesan. Saya berharap dari pengalaman magang saya dapat menjadi motivasi bagi para pembaca untuk terus semangat mengimprove diri. 

Alfiatus Zainiyah 1122100044

Dosen Pembimbing : Dra. Ni Made Ida Pratiwi, M.M

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun